Preparing for OSK

Kamis, 05 Mei 2011

Meski aku bukan salah satu anak IC yang akan ikutan OSK, aku bakalan bilang :
Selamat Berjuang Teman-teman...
Semoga bisa dapet hasil yang terbaik di OSK nanti dan bisa lanjut ke Olimpiade Sains berikutnya....Amiiin :)

Jadi, minggu depan tanggal 10 dan 11 Mei 2011, insya Allah sebagian temen-temen dan adik kelasku bakalan ikut di Olimpiade Sains Kabupaten. Nah, bidangnya kan ada banyak tuh : Astronomi, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, Kebumian sama Ekonomi. Buat IC, masing-masing bidang dikasih kesempatan buat dikirim 5 peserta. Tapi buat Kimia sama Biologi, IC diijinkan 6 orang, soalnya satu peserta itu masing-masing langsung OSP, kan taun lallunya mereka (Parangeni Muhammad dan Ahmad Faiz Ibadurrahman) udah ikutan OSN...

Nah, gara-gara OSK ini pulalah, tentu ada kebijakan biar belajar mereka dikasih porsi lebih. jadi para peserta OSK ini dikasih izin sama sekolah buat nggak ikutan KBM di kelas seperti biasa. Jadilah mereka semua itu belajar mandiri (atau terkadang ada gurunya juga) di perpustakaan..

Alhasil, perpustakaan jadi padat dan di kelas-kelas banyak yang nggak ada anak-anaknya. Kelas XI NS 3 aja sisanya tinggal 10 orang dari 22 orang. Cowoknya cuman 2. Kelas XI NS 3 emang kelas yang nyumbangin peserta OSK paling banyak.

Tadi pagi kan aku ke perpus pas pelajaran Bahasa Indonesia. Nah waktu itu perpus udah rame gitu. Siangnya aku ke perpus juga, sama aja. Tambah rame malah. Bahkan, saking para peserta OSK itu mencari posisi PW-nya masing-masing, ada juga yang belajar di kolong meja di perpus. Ckckck...mantap

Kalo aku cerita-cerita sama anak XI NS 3, Anisah misalnya. DIa bilang kalo seharian ini nyaris gak ada guru yang ngajar. Nisa Karima aja bilang kalo waktu Sir Imam masuk kelas, terus lihat anak-anak kelas yang cuma segitu. Sir Imam bilang,"Kalian tinggal segini? Ya udah deh, terserah kalian mau ngapain" Ada juga tuh cerita dari Aurora. Katanya, anak XI NS 3 pada masuk pas pelajaran kimia. Gara-gara satu hal : Praktikum Bikin Es Krim. Kan enaaak :)

Oke deh teman-teman. Sukses yaaaa:)

Semoga semuanya bisa dilalui dengan mudah...Amiiiin ...

Ganbatte Kudasai^^

Astronomi :

  • Muhammad Nabil Satria Faradis
  • Gianluigi Grimaldi Maliyar
  • Khalid Adil
  • Rizki Nur Fitriansyah
  • Muhammad Izzuddin Prawiranegara

Matematika :

  • Rasyid Indra Pratama
  • Vina Yusriana
  • Syahid Naufal Ramadhan
  • Firstio Ahmad Sepriandi
  • Rosyad Hizbussalam Muhammad

Fisika :
  • Muhammad Salman Al Farisi
  • Arum Adiningtyas
  • Ali
  • Apresio Kefin Fajrial
  • Ahmad Nawawi

Kimia :

  • Ahmad Faiz Ibadurrahman
  • Arsy Karima Zahra
  • Chairul Akmal
  • Fadli Muhammad Hidayatullah
  • Taqwa Aditya Atmaja
  • Fakhri Ridho Dhiyamatra

Biologi :
  • Parangeni Muhammad
  • Annisa Firdaus Winta Damarsya
  • Leny Silviana Farida
  • Aditya Indra Pratama
  • Nuryanto Ikhromi
  • Raka Kurnia Ramadhan
Komputer :
  • Muhammad Irfan
  • Faris Jaisyi Umam
  • Adhe Marlin Sanyoto
  • Muhammad Aji Muharrom
  • Muhammad Irfan Husamuddin

Ekonomi :

  • Muhammad Aulia Rachman
  • Noi Mubasyirotun Ni'mah
  • Pyan Putro Surya Amin Muchtar
  • Muhammad Fajrul Anfal
  • Ibtisam khoiri Qonita

Kebumian :

  • Saefuddin Juhri
  • Anas Zakaria
  • Arif Wishnu Prayoga
  • Khairiyah
  • Rizqi Dwi Cahyadi

Praktikum Kimia : Ice Cream Strawberry ~

Selasa, 03 Mei 2011

Jadi saat ini aku mau cerita tentang praktikum koloid yang barusan aja aku lakuin di lab. Kimia. Karena bahasan Kimia kali ini tentang Koloid, jadinya praktikum kita juga tentang koloid. Kan di es krim tuh berlaku sistem koloid yang mencegah koagulasi sehingga beku-an es krimnya jadi lembut gitu, gak sebeku es batu, dan gak cair kayak air.

Awalnya, kita di-breafing dulu tuh sama Pak Deni. Pokoknya tiap kelompok dapet 150 ml susu full cream ultra milk sama 150 ml whiping cream. Nah terus nanti itu dicampur di gelas kimia (sebenernya gelas apapun juga boleh sih). Terus ditambahin garem secukupnya biar agak gurih, sama ditambah gula. Gulanya sih bebas, berapa aja. Tapi aku tadi sama Izzah memutuskan untuk menambah gula 3,5 sendok. Kemudian, kita tambah sama pasta perasa gitu, biasa tadi kita make yang cap koepoe-koepoe. Kita milih rasa Strawberry . Terus kita tuang ke dalem plastik. Ingat, plastiknya ga boleh bocor!

Nah, disisi lain, si Deta mecahin es batunya, buat nanti ditaroh di tempat yang kayak toples, yang ukurannya cukup gede. Nah, kalo es batunya udah pada pecah dan ditaroh di toples kecil itu, dicampur sama garam sampe campuran itu jenuh. Artinya semua garam udah larut dan kalo ditambah sama garem lagi kemungkinan dia gak akan larut. Kata Pak Deni Samsudin Permana, guru Kimia kami, suhu keadaan ini bisa mencapai -13 derajat celcius lho! Dingin banget kan?

Nah, kalo udah siap dua-duanya (seplastik es krim sama garam bercampur esnya). Seplastik calon es krim ini kita masukin tuh ketengah-tengah es batu. Trus kita goyang-goyangin toplesnya, biar dinginnya es batu bergaram itu bisa meresap ke plastik calon es krim :)

Insya Allah, kalo semuanya pas, sesuai ukuran, gak bakal lama es krimnya jadi dengan sukses... tapi kayaknya tadi kelompokku gak pas gitu deh, Kata deta,"Gara-gara yang mecahin es batu terlalu kuat sih...jadinya es batunya terlalu cair!" Oke, faktanya emang es batu kita presentasenya kebanyakan airnya daripada es batunya. dasar..diapain ya tuh sama Deta.

Akhirnya, setelah agak lama, es krim kita tetep setengah jadi deh bekunya. padahal punya kelompok Sarah Fitriyani, Muhammad Faqihuddin Ma'ruf, sama Nurul Islam Mawardah udah jadi dengan sukses. Yaaaah..akhirnya kita tambah ;agi tuh es krimnya. Eh, tapi lama kelamaan, tetep aja begitu.

Akhirnya Pak Deni mengeluarkan satu keputusan : Taruh aja di freezer pantry.

Yaudah deh, kita pindahin ke freezer pantry. Ternyata ada juga beberapa kelompok lain yang udah melakukan hal serupa. Tapi, kita gak bisa lama-lama. Jadi agak sama aja juga sih. Gak lama kemudian, kita makan deh bareng-bareng

Ohya, baru kali ini, lho, praktikum kimia tanpa laporan praktikum . Kayaknya ini emang didesain untuk senang senang saja

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS