Jarak

Kamis, 27 Oktober 2016

"Tidak ada jarak yang terlampau jauh. Yang ada, barangkali, jarak yang tidak boleh ditempuh. Sehingga rasanya jauh."

WisOkto GBC

Selasa, 25 Oktober 2016

"Ma, Inay tuh anak Teknik Fisika, ya?"
"Iya Kak."
"Soalnya aku pernah liat dia foto bareng temen aku," nyodorin hape ngeliatin foto Inay sama Anisah. Saya nanya soalnya abis liat Rahma ngeposting foto bareng Inay.

*Rahma langsung heboh*
"Ih Kak, kemarin tuh ya, anak IC, gradiator, bawa-bawa spanduk. terus rame gitu pada pake jaket-jaket IAIC. nih, ini pasti temen-temennya Kak Fitri semua nih. Aku bilang ke Pijoh, ini kita cuma berdua sih, jadi ngga bisa serame itu." (sampe gradiator disebut cobaaaa, padahal mah Rahma juga kayanya gatau kalo Gradiator itu nama angkatan aku wkwk)

"Hahaha" saya ketawa, ngga kebayang pasti kemarin heboh dan memorable banget :") sayang ngga ke sana :")))


Ma = Rahma Ariyani, temen RK, temen #KontrakanIstiqomah
Pijoh = Aisyah Hafizoh, temen SMAnya Rahma, anak KG UGM

duaduanya alumni SMA 48 Jakarta yang kemarirn juga ke wisudaan ITB (karena aslinya keduanya anak 2012), dan melihat kehebohan IAIC dan GBC <3 p="">
memang ya #highschoolneverend :")

[repost] (Hampir) Sewindu

Senin, 24 Oktober 2016

http://maryamzk.tumblr.com/post/152235055502/hampir-sewindu
-ingin sekali merepost ini

kunjungan hima, tahun pertama, kunjungan ke kampus aja yang ngisi masih anak 2009

tahun tua, di kampus sudah ada anak 2016. wisuda juli ITB tapi karena gakada foto reramean full semua wisudawan ini aja lah yhaa
thank you or everything and everywhere, Gyc
tulisan Maryam di link tadi tentang Gycen Bandung, i am not the part of GBC, tapi saya senang main-main ke Bandung dan bertemu mereka. ikut jalan di ITB, ke Unpad nangor, dijemput Tika di Kiaracondong, susu melon teman perjalanan balik dari Bandung, ikut Sapi Ejha hunting kain di Baltos buat nikahan nadia, ikut milih karangan bunga buat wisuda Juli bareng Hime Shela Riri, menjadi saksi perjuangan skripsinya Madam, afternoon date with Ejha ke Masjid Raya Bandung dan sepanjang Braga, tidur umpel-umpelan di kosan Cisitu Baru, kosan sejuta umat GBCbabes, nemenin Arum urus jilid laporan KP bersampul putih (kalo ga salah) dan nyetorin ke loket kampus, masuk grup GBC yang akhirnya malah ngerasa 'salah eh muncul', hahaha.
.
.
semoga ukhuwah kita selalu Allah jaga agar selalu pada jalan kebaikan ya :")

kalau aku main ke Bandung, aku ke siapa nanti ? :"(

"Lo kalo abis kuliah mau ngapain?" -temen di kanan pas di meja, nanya temen di serong saya yang baru pulang KP.
"Kerja gue pengennya."
"Kerja di mana?"
"Bekasi aja yang deket rumah."
"Wah jauh itu luar planet, hahaha."
Saya : "Kelamaan ya soalnya kita-kita ini ninggalin rumah..."
"Iya Fit, kasian yang di rumah ditinggal mulu."

#baladaanakasramasejaksmpkuliahjugajauh
#marikitasemangat,gyc!

quote of the day : lucu adalah ketika kamu udah janjian di Gelato dan anak cowo ga ada yang tau kalo Gelato adalah tempat es krim. dan pada akhirnya masuk dan duduk di Gelato cuman buat diskusi mau makan di mana (yang mayan takes time juga). #whatthegycjoglyfe

percayalah bahwa banyak dari kami yang baru kali itu ke Hokben dan ini pun karena ditraktir

Ahad, 23 Oktober 2016,
karena suka atau tidak, kalian satu per satu juga akan pergi
secara fisik, entah kalau hati
:")

Kebaikan Apa yang Menyebabkan

Minggu, 23 Oktober 2016

"Fit, aku dateng kemarin, turun pesawat tuh langsung disambut, langsung dikalungin bunga..."
"Alhamdulillah dong kalo gitu..."
"Iya...tapi aku jadi mikir, emang aku ngelakuin amal kebaikan apa ya sampai Allah ngasih aku nikmat kayak gini."
.
.
.
.
ah...emang ya, Allah nguji kita itu kalau nggak dengan kesedihan ya dengan kebahagiaan. apa ketika kita dapet nikmat kita semudah itu ingat Allah?

Bandara(1) dan (Eksperimen Sosial) Instagram

Kamis, 20 Oktober 2016

kemarin saya di ngepos foto di instagram story. fotonya kayak gini. Tadinya mau video tapi saya yang agak perfeksionis ini susah dapetin video yang proper haha, malah dapetnya ada cowok geret koper jalan gitu ketangkep kamera. kan gawat nanti saya dikira ngerekam siapa terus galau gimana gitu wkwkwk.

saya punya tujuan tersendiri kenapa ngepos foto ini. ceritanya saya pengen sok eksperimen sosial yang kesimpulannya juga sudah (sok) saya siapkan di awal. yah namanya juga sok, tentu saja gak ada dasar teori apapun dan landasan manapun. jadi harapan saya adalah, kalau orang yang cukup kenal sama saya, dan memahami -setidaknya sampai saat ini- saya jarang ngepos foto instagram real time yang shows where am i now, what am i doing now, what am i feel now, maka tentu akan tau bahwa i am going nowhere. saya ndak ke mana-mana, nggak naik pesawat, nggak mau pergi jauh. i am still here, di Jogja ajah.

"kalo saya ngepos foto ini tanggapan orang-orang apa ya? "
yaudah, itu aja sih yang pengen saya tau

ada 6 orang yang nge-dm ig saya. yang pertama adek tingkat, pernah seorganisasi, tapi ngga sampe yang kenal dalam personalitynya (naon). masih oke dia nanyanya mau kemana. 
Tapi ternyata 5 orang selanjutnya juga pertayaannya sama -________-

hahaha, saya ketawa, ini mah udah sok-sokan mau eksperimen sosial. hasilnya seragam. semuanya nanya mau ke mana. mana itu gatenya kan buat domestic dan international departure ya jadi mungkin mikirnya saya mau pergi ke mana gitu jauh(padahal bandara jogja aja yang kecil, terminal ada dua juga baru setaunan belakangan). dan kemudian pada akhirnya saya menyimpulkan bahwa, mereka yang nge-dm adalah mereka yang perhatian....atau sebatas kepo, wkwk. yha meski harapan saya ada yang bisa nebak i am going nowhere gitu sih. (atau mungkin ada yang nebak cuman gak dm aja, hahaha). tapi saya juga ngga bisa otomatically menyimpulkan kalau mereka ngga kenal saya sih, hehe, soalnya memang kebannyaan orang publisg ig-story secara what-real-time-heppened.

disamping itu semua, saya cukup kagum sama sosial media instagram. makanya saya sampe kepikiran eksperimen sosial yang agak ga penting ini. tapi seriusan lho, selain kodratnya manusia yang lebih seneng liat gambar daripada baca tulisan (maksud saya semacam mudah menyimpulkan atas gambar daripada tulisan, bukan soal baca caption loh ya), ig itu semacam teman menunggu kalau beneran ga ada kerjaan yang bisa dilakuin. apalagi yang udah jadi refleks gitu. cek ig, scroll, ngelike. kalo gak ya instagram story-an (entah bikin apa nontonin punya orang). saya kadang ngerasa instagram story orang-orang dibikin pas lagi agak gabut, atau ngisi waktu, atau ngantri nunggu, atau bosen, dsb. tapi intinya cerita, sih : apa yang lagi dimakan, ditonton, dibaca, dilihat, dirasa #eaa. kalo saya pribadi kadang seneng liat tapi juga kadang males sih. kadang sekali liat banyak buat nemenin makan (soalnya saya suka makan pake tangan, ig-story bisa jalan sendiri tanpa dipencet-pencet. kalo yang nemenin makan itu film soalnya nanti malah keterusan liat filmnya meskipun makannya udah abis).

i am no worry tentang perubahan behaviour orang soal akibat instagram. ya karena emang belum pernah baca penelitian soaal itu sih. kalo saya yang nyimpulin kan takutnya soal asumsi (apa masa depan harus diteliti juga biar ga asumsi-_-zzz). tapi its true dari instagram saya bisa tau si A lagi di mana i B lagi baca buku apa, si C makan apa kemaren, bahkan sampe resep makan, cara bikin do it yourself, sampe olshop dan updatean film bisa kita tau dari IG. 

eh tetiba inget The New Digital Age, buku yang beloman selese saya baca. katanya suatu saat bahkan orang mengasuransikan akun-akun medsosnya (apa gimana ya intinya penjagaan nama baik di dunia publik digital lah).

sebagai akhir(emangnya apa), tempat sampah ternyaman saya di sosmed itu blog, sih-kalau you know me so well hahaha. tapi nggak ada yang ngalahin Allah sebagai tempat teraman dan nyaman sih (idealnya, lho ya). mari kita terus benahi diri untuk menumpahkan segalanya pada Allah.

p.s : kemaren saya nganter orang tua angkat KKN untuk balik ke Temajuk (yang lewat Pontianak) *jadiingathutangceritaKKNhiks

Mempersiapkan Kematian

Selasa, 18 Oktober 2016


"Jodoh itu rezeki Allah. Di dunia, jodoh itu hanya kemungkinan. Boleh jadi Allah mempertemukan aku dengan jodohku di akhirat. Maka aku sekarang mempersiapkan yang lebih pasti, yaitu kematian."

-kutipan cerita Mbak Devi ketika inspiring trip ke Bu Ana, seorang yang terlahir pincang, pernah divonis tidak bisa melahirkan keturunan, yang kemudian Allah hadirkan jodoh yang mau menerima beliau dengan segala keadaannya, dan qadarullah sekarang sudah memiliki 3 anak. Kepala SDIT yang ia bangun dengan segala perjuangannya. (mbrebes mili kalo denger cerita lengkapnya :" )

maka nikmat yang manakah yang kan kamu dustakan?

masjid Laboratorium Agama UIN Sunan Kalijaga
17 Oktober 2016
sembari menunggu
Nulis buat orang lain itu jangan sampai bikin ndak nulis buat diri sendiri. #pelajaran5hariterakhir

Bulek Hana

Minggu, 16 Oktober 2016

Semenjak sangat suka dengan video-videonya Kirana, belakangan pun saya jadi tau soal bulek hana. Buleknya Kirana yang ikut bantu jaga Kirana waktu Ibuknya Kirana berangkat haji. Pagi ini Ibuknya Kirana ngepos link tumblrnya Bulek Hana. Lalu, tanpa terasa saya mengkhatamkan tumblr itu.

Sederhana, tapi ngena. Kata Uzak, temen saya.
Saya sepakat.

Saya belajar banyak dari tulisan-tulisan Bulek. Yang kadang cuma selentingan tapi juga bermakna. Saya belajar soal makna keluarga, soal jarak, rindu, bahkan sampai belajar memperbaiki diri. Tapi di atas itu semua, saya juga jadi belajar soal kembali menulis, yang dengannya kita juga kembali belajar mengenali diri sendiri. Tulisan yang jujur, yang apa adanya. Tulisan yang bener-bener writing like no one's watching (ya meski gak open source banget jugasi).

Apa barangkali karena belakangan orang-orang yang saya follow blog/tumblrnya adalah blog/tumblr serius jadi sayanya merasa minder ya kalau apa adanya di blog?

.

Bytheway Bulek, saya masih belum mampu unfollow. Padahal ada yang harus diselamatkan, ya?
.
Perasaan.



greeting from Thailand

Jumat, 14 Oktober 2016

:"
.

terima kasih Rahmah Husna. Ada perasaan semacam pengen nangis tersendiri pas dikirimin ini. Mungkin akibat waktu yang lagi nggak pas aja. 

ditunggu pulang dan cerita-ceritanya :")

Teh Nabila Hayatina

Minggu, 02 Oktober 2016

Barusan ini so random menelepon Maryam setelah baca postingan tumblrnya. Ada Arum juga di sana. Obrolan yang tadinya soal rencana-rencana mereka paska kampus di akhir mulai berbelok. Soal seseorang yang saya baca dan perhatikan dengan lebih cermat beberapa hari lalu.

Adalah seorang Teteh yang dulu saya tahu dari tumblr Kak Urfa. Lama berselang, saya menemukan Teteh yang sama di Instagramnya. Dua bulanan saya kemudian menyadari, ada sesuatu pada tulisannya. Pada model penyampaian, pada diksi kata, pada semangat yang terselip, pada kesungguhan yang ada padanya.

Sebuah ciri khas yang belum pernah saya temukan pada tulisan orang lain sebelumnya. Pada caption instagram, blog, maupun tumblr. Sosok yang sangat mencintai Ilmu dan Quran. Sosok yang semakin saya tahu, semakin saya merasa kagum sekaligus semakin saya merasa kerdil.

Tidak perlu diceritakan panjang-panjang. Perwakilan link yang membuat saya merasakan hal-hal tersebut adalah ini dan ini.

Malam Minggu IC

Malam ini hujan, sepertinya cukup deras.
Ditengah sakit gigi karena molar tiga yang tumbuh yang cukup berdampak pada beberapa hal. Pasca isya tadi sempat terpikir hal-hal demikian : ketika saat ini dikit-dikit refreshing pake gadget kalau sedang bosan, saya tetiba ingat, dulu waktu di Insan Cendekia, malam minggu versi apa yang sering saya lakukan. Kalau malam yang besoknya pelajaran, mungkin mengerjakan tugas, atau mencicil tugas besokannya (bukan pencitraan, tapi saya lupa saya ngapain). Kalau malam Sabtu, mesipun saya suka banget, tapi satu dua saya punya PR untuk pelajaran seni di hari Sabtu, saat kelas X juga ada tugas jurnal Bahasa Inggris.

Malam minggu seperti apa yang mostly saya habiskan di belantara bangunan sekolah ini?
credit  to ariq, denah IC 2012 ketika belum berubah kayak sekarang

Saya-atau kami-tidak membawa HP. Bahkan kebijakan boleh bawa laptop kalau tidak salah ada pada saat saya kelas XII; dengan ketentuan laptop disimpan pada gedung tertentu yang hanya buka pada jam tertentu. Dan kala itu saya juga tidak bawa laptop.  Mana ada kayak sekarang yang bosen dikit bisa buka HP, baca chat grup yang kadang ga jelas tapi menghibur (#uhuk), stalking instagram, buka media sosial, produktif dengan gadget, atau bahkan bisa ketemu temen keluar kosan.

Lingkup kami kala itu dibatasi pagar asrama dan sekolahan, yang didepan dijaga satpam.

Tapi malam ini somehow saya kangen rutinitas itu. Dunia tanpa ponsel dan media sosial. Saya mengingat suatu malam saya nebeng di kasur orang, dengerin MP3 bareng-*terima kasih Isti!, atau guling-guling cerita dan saling menguatkan sama temen, atau rapat di RO, ngerapiin tas-tas beasiswa iCare, persiapan hari terakhir sonlis. Antri HP asrama buat menghubungi keluarga. Atau kalau sedang ada sesuatu-dan kala itu tidak bisa cerita ke sesiapa karena malu (introvert banget sih), saya akan menulis pada suatu buku (eh ini sih ga malem minggu doang). Obrolan-obrolan yang jadi berlangsung lebih lama bakda isya atau sebelum masuk asrama J dan Z.

Obrolan izin regular 2 pekan sekali. Siapa yang mau kulakan keripik setan di Pasar Serpong (dulu kamar saya sempat jadi posko jualan makanan). Ke warnet mana pekan ini (untuk ngerjain tugas *masih jaman aja ya warnet). Nitip barang ke yang reguler (karena malas atau emang ga dapat jatah reguler karena hukuman).

Acara-acara seru-meski-kadang-aneh malam Minggu. Mulai dari yang lomba parade antar angkatan, angklung *Hei, G13!, video klip, lomba bahasa, lomba kartini, lomba band, lomba inovasi sains teknologi, nonton film bahasa, lomba cosplay, lomba...sumpah ngga paham lagi di IC lombanya macem-macem. Bikin bazaar depan GSG, jualan seblak, soda susu... :"""")

Bahkan LPJ OSIS yang ditolak juga saya ingat.

Saya kangen bosan yang dibalas dengan pertemuan tatap muka :")
Bukan berarti sekarang ngga bisa, tapi rasanya tetap beda aja.
 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS