Senin, 22 Agustus 2011

Ramadhan terakhir di Insan Cendekia

Selepas shalat Maghrib, masih di IC, entah berapa hari yang lalu . Aku terhenyak . Bulan ini Agustus. Agustus terakhir di IC. Begitu juga bulan-bulan depan. September, Oktober, November. Semuanya. Akan menjadi bulan-bulan terakhirku di Insn Cendekia. September, Oktober, November, akan menjadi yang terakhir di IC. Termasuk ramadhanku tahun ini. Akan menjadi Ramadhanku yang terakhir di IC. Sedih? Ya, tentu saja.

Ramadhan di IC, ya mungkin bisa dibayangkan dengan skenario sesingkat ini : bangun pagi, tahajjud, sahur (kadang gak langsung sahur juga sih kalau pengen mengakhirkan waktu sahur), ke masjid menunggu shubuh sambil tilawah (atau balik lagi ke asrama untuk melakukan hal lain), shalat subuh, siap-siap sekolah, jam pelajaran didiskon 10 menit alias yang tadinya 40 menit jadi 30 menit, pulang jam satu siang. Setelah itu terserah-ya, kita bisa milih mau berlama-lama di masjid (ibadah) atau berlama-lama di kasur (tidur), atau belajar di kamar, atau ngurusin apalah-entah kegiatan, angkatan, ngerjain tugas. ya, waktu bebas : whatever you want yang kadang-kadang gak bisa juga dilakuin sebebas dan seingin kita karena ada tugas atau apalah yang masih gak bisa bikin kita bernafas lega.

Ba'da ashar biasanya ada acara. Untuk menyemarakkan sekaligus mengisi acara pada Ramadhan ini, panitia iFun dari angkatan Foranza Sillnova udah merancang semua acaranya. Hari-hari awal ada lomba 17an. Maklum, 17 Agustusnya barengan sama ramadhan. Lombanya : tarik tambang, bakiak, halang rintang, dan lomba aransemen band. Sayang, kelasku gak ada yang menang. Ah, tapi gak apa. Aku cukup menikmati ramadhan ini , meski memang nggak sepenuhnya. Ah, ramadhan terakhir di IC...*jadi melankolis gini...

Selain itu ada juga acara yang masuknya ke rangkaian iFun 1432H, bukan masuk ke acara 17an (namanya Donat-sub-acara iFun juga sih sebenernya..). Ada lomba ta'jil antar kelas, acara Bupalas (buka puasa per kelas), bupatan (buka puasa se-angkatan), bupatitan (buka puasa tiga angkatan), ada juga buka puasa bareng sama guru n semua civitas IC (beserta keluarga mereka juga, lho!) serta orang tua siswa juga diundang. Tapi yang terakhir ini lebih di-handle sekolah sih. Oh, ya ada juga Bupakom- Buka puasa community (buka puasa per daerah asal).

Pulang dari pertandingan-pertandingan atau acara-acara itu kira-kira nyaris setengah enam. Anak bazaar dari panitia Buku Tahunan Gycentium udah stay depan wakamad. Menggelar bazaar ta'jil gitu deh ceritanya. Dikoordinatori oleh M Faqihuddin Ma'ruf dan Rifa'atul Mahmudah. Bukan berarti kantin (ruang makan IC disebutnya kantin) gak nyediain ta'jil. Bazaar cuma media yang menyediakan alternatif ta'jil, dan makanan ringan tentunya (baca : gorengan dan jajanan pasar), soalnya kantin cuma nyediain ta'jil minuman buat maghribnya. Kalo jajanan pasarnya disediain buat abis tarawih.

Maghrib tiba. Kayaknya ramadhan ini yang paling sering azan Muhammad Irfan deh. Buka. Terus ke masjid. Tergantung juga sih buka puasanya mau di mana. Bisa di masjid, bisa juga di kamar. Shalat maghrib. Abis shalat rawatib ba'da Maghrib, biasanya anak kelas XII shalat hajat, ya demi kelancaran kelas tiga gitu deh ceritanya. Tapi ada juga kok beberapa anak angkatan lain yang ikutan.

Habis itu biasanya makan malem. Tapi aku lebih suka di masjid dulu, baru makan pas udah mau deket Isya. Em, mungkin lima belas-sepuluh menitan sebelum Isya kali ya. Biasanya bareng Qonita, Izzah, Anisah, Nikari, atau Tyani. Setelah makan malam, shalat Isya, disambung serangkaian Tarawih-Witir yang pada Ramadhan kali ini selalu diimamin sama Syeikh dari Mesir (padahal taun-taun sebelumnya di-imamin sama guru atau siswa yang udah jdi imam masjid (dibikinin jadwalnya sama DKM). Berkesan banget di-imamin sama syeikh tiap hari yang rakaat ketiga witirnya pake qunut superlama. Hehe. Habis itu ada taushiyah. Kadang bikin ngantuk sebagian siswa. Kadang banyak juga (yang aku tau sih siswi) yang gak dengerin malah tilawah Qur'an. Sedih juga, sih. Tilawah eman berpahala. Tapi selagi ada yang tuhiyah di depan? Bukankah mendengarkan juga berpahala? ah, entahlah.

Setelah itu selesai. Ditutup oleh asmaul husna dan baca niat puasa. Pulang dari masjid bisa kapan aja terserah (maksudnya gak langsung pulang, mau berlama-lama dulu silakan, gak apa). Biasnaya langsung ke kamar. Ada juga sih yang ke Kopinma atau fotokopi, kan keduanya bukanya malem (kadang buka juga sih siang). Habis itu, ya belajar atau ngerjain PR. Begitulah puasa di IC, kawan. Selama di sana, mungkin kangen rumah juga -apalagi kalo udah males belajar, haha, parah ya. Pelajar kok males belajar? Oke, aku ralat. Maksudnya stress belajar-. Tapi aku yakin, ada kalanya aku bakal kangen sama suasana shaum di IC. Bakal kangen shaum bareng anak-anak Gycentium juga~

6 komentar:

  1. iya yaa peter sedih juga kalo diinget-inget...

    BalasHapus
  2. haha. iya iya. nanti waktu udah pisah-pisah kangen banget deh rasanya. nanti waktu wisuda kita gimana ya T^T

    BalasHapus
  3. @dhila : iya, emang sedih..
    @nikari : pasti bakal kangen banget...

    BalasHapus
  4. @semua: Kok kayaknya ga ada yang bisa dikangenin ya?
    Haha......(Becanda, Swear!)

    BalasHapus
  5. mal, nanti gak ada yang kangen ama lo juga loh..

    BalasHapus
  6. apa yang akan dikenang teman kita adalah apa yang kita tinggalkan untuk mereka, baik dari segi moriil maupun materiil...

    BalasHapus