Rabu, 13 Juni 2012

Curhat SNMPTN

Alhamdulillah, tes SNMPTN sudah dilewati. Semoga hasilnya membahagiakan. Semoga target Gycen 100% PTN bisa segera terpenuhi, amiiin :D

Mau cerita dikit tentang SNMPTN tulis yang baru saja aku lewati...

Senin pagi rada siangan survei lokasi, eh tapi tempatnya masih dipake UAS jadinya nomernya belum ditempel, ya sudahlah. Pas survei ketemu anak Ummul Quro yang survei lokasi juga. Dua orang : Rika sama Hamidah. Tapi gak seruangan, mereka ruangan satu. Salah seorang sempet panik besok harus berangkat jam berapa, soalnya rumahnya di Leuwiliang yang ternyata jauh banget dari situ. Wah, aku mah nggak ngerti Bogor. Ngobrol sama Ummi bentar ternyata Bogor itu kabupaten terbesar di Jawa Barat. Waaah >.<. Dan Kota Bogor, tempat ujianku, ada di tengah-tengah Kabupaten Bogor.

Dari Senin, udah banyak SMS yang masuk. Dari anak gycen, dari anak chober, dari ade kelas. Isinya semua senada, menyemangati dan ngajakin doa biar ujian besok diberi kelancaran dan kemudahan oleh Allah. SMSnya kadang ada juga yang unik, kayak smsnya Hime yang intinya bilang kalo hari ini bukan lagi waktunya belajar, tapi waktunya memperbanyak doa dan amalan-amalan. Ada juga SMSnya Cipay yang panjang banget tapi juga ngena banget. Inbox HP sampe penuh (emang gak bisa muat banyak-banyak, sih XP). Sampe Selasa pagi juga masih aja ada. Terima kasih semuanya : Cipay, Hime, Moza, Faqih, Hamzah, Naylah, Nida', Nikari, Ngeni, Akmal, Pimgi, Pipeh, Imo, Bella, Gian, Naylah, dan teman-teman Gycen lainnya atas segala semangat yang telah kalian curahkan~

Jadi mau ngepost sms Moza, yang juga ternyata Faqih kirim beberapa jam kemudian, Entah siapa bikin yang asli dan siapa yang ngeforward :

Hai anak Gycen semuanya, sebelum akhirnya kita akan menghadapi snmptn, mari kita berdoa bersama, kemudian mari kita teriakkan kembali, meski kita tidak bersama Pak Wardi, meski kita terpisahkan oleh jarak yang membatasi, dengan suara ataupun hati,
...
AKU BISAA!!
AAKU BISAA!!!
AAAKU BISAA!!!!
LULUS!!!
LULUSS!!!
LULUSS!!!!
SERRATUS!!!
SERRATUS!!!!
SERRATUSS!!!!!
SSEMMPURRNAAA!!!!
ALLAHUAKBAR!!!!
ALLAHUAKBAR!!!!!
ALLAHUAKBAR!!!!!
MMMERDEKAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!!!!!!!!!~~

*jadi inget banget kebiasaan tiap pagi sebelum UN di lobi bawah gedung B ;')

Selasa pagi, diantar abi ke Kampus Diploma Gunung Gede IPB. Jalan ke ruangan 11, nunggu sambil baca-baca dikit, liat-liat sekitar, bales sms, ya pokoknya gitu deh. Suram banget ya kayaknya. Sendiri, gak ngobrol-ngobrol juga. Lucu juga, lama gak di Bogor, tiba-tiba dikelilingi orang Bogor yang rata-rata (yang aku denger) berlogat Sunda. Ada yang biasa aja juga sih, ada yang ngomongnya biasa, tapi nada ngomongnya nyunda banget. Ada yang ngomongnya juga sunda banget. Hehehe, jadi inget Puji dan Pak Deni :)

Selama tes, ada satu orang telat dan dua orang yang nggak dateng. Udah keterima kali, ya yang nggak dateng. Terus ada juga yang cuma ikut TPAnya doang. Pengawasnya curhat pas kita tes dasar, katanya dia pulang soalnya sakit. Kasihan juga, mana tadi pas TPA duduknya di bawah AC persis. Semoga Allah memberikan ganti yang lebih baik, ya...

Dan, ya.. hari pertama pun selesai .

Pulang, sendiri, naik bis. Yang nggak aku sangka-sangka dua kursi di depanku ada anak cewek megang map. Karena mapnya transparan, aku liat kop sekolahnya. Wah, anak HK. Aku rada berdiri liat namanya, Fitri Fauziyah. Iseng, aku sms Hime.

Dan, jeng-jeng..... gak nyangka Hime kenal dan masih deket ampe sekarang. Di sms, hime ngakak-ngakak tau ketidaksengajaan yang memang tidak disengaja (lah? apasih?). hime nyuruh SKSD; toel aja, Fit.
Tapi susah, orang keseling satu kursi. Dan akhirnya, ya memang tidak terlaksana. Si temennya Hime itu turun duluan. Sampe di rumah, sms Hime masuk : Fit, lo pake kerudung biru, ya? Dan langsung kujawab : Iya. Haha, pasti Hime langsung cerita-cerita sama temennya yang nggak sengaja kuliat di bis.

Hari kedua, Rabu. Oke inii hari terakhir, plis banget semuanya semangat (Pak Nur mode : ON). Daus sms : ya, semuanya tenang. Tarik nafas dalam-dalam. Eh, itu udara suplementer apa komplementer, ya? *sebenernya lupa tadi Daus nyebut istilah yang mana, pokoknya nama-nama kerennya udara pernafasan itulah...ya ampun...

Dan...ya sama kayak kemarin. Pagi dateng, duduk nunggu di luar, masuk, naroh tas ke belakang, doa, dibagiin LJK sama soal, tanda tangan, pokoknya gitu deh.
Selesai tes IPA, aku udah yakin banget tuh pasti ada yang sms tentang tawakal sama hasil tesnya. Hwaaaa, yang lain yang ambil IPA kan udahan. Aku ngambil IPS cuma biar tes di Bogor, dan jujur aku nggak nyiapin. Kalo di twitter Pyan bilang mau jawab apa, udah dua bulan gak belajar IPA? (dia anak IPA pengen ke IPS, ngambil IPC biar bisa tes di region III), rasanya aku pengen komen : Apalagi gua, udah dua tahun gak belajar IPS >.< !

Bener kan, ada yang sms. Intinya, semua ujian udah dilewatin, sekarang yang bisa dilakukan tinggal tawakal dan berdoa pada Allah. Aku : menghela nafas belum lega, ngambil buku rangkuman ips; satu-satunya yang aku punya yang berbau-bau IPS. Eh, tiba-tiba ada sms lagi : Selamat berjuang buat ipsnya fitri...tetap semangat!! XD. Eh terus ada lagi yang menyemangati : Selamat berjuang buat yang IPS n IPC!!. Aku bales : Makasih ya... Aku lagi mikir nih, nanti mending nggak diisi apa diisi ngasal. Tapi ga dibales, ga dapet masukan, deh...

Yah, tapi akhirnya IPS pun dilalui. Dilalui dengan segala kesotoyan. Emang gitu kali ya jawab soal tentang materi yang gak diketahui. Baca bentar, liat jawaban, ngira-ngira, pilih satu jawaban. Pokonya akhirnya semua dilalui dengan kesotoyan.

Akhirnya pulang. Sebelum naik bis sempet denger dua orang ngobrol, oke tepatnya yang satu lagi cerita ke yang lainnya :
'Kemaren bokap gua nanya, "Yakin nggak lolos SNMPTNnya?". Terus gua jawab,"Ya...yakin sih". "Serius, yakin nggak? Kalo yakin dikasih sekarang".Kan gua bingung ya, hah emang bokap gua mau ngasih apa, ya gua tanya,"Emang mau dikasih apa?". Eh, terus bokap gua bilang"Ya kamu maunya apa." Hah, gua bingung banget tuh...terus kakak gua bilang,"Udah langsung iPhone aja." Eh tapinya bokp gua malah bilang gini,"Ah, tapi kamu kayaknya belum yakin. Nanti aja, deh ya" '

Aku senyum-senyum aja dengernya. SNMPTN : banyak harapan di balik hasilnya, tidak hanya hasil diterima, tapi juga aku yakin bahwa tidak hanya orang itu yang dijanjikan hadiah. Jadi inget, Arum juga dapet iPod touch abis lolos undangan, Nida' juga katanya dijanjiin hadiah sama kakaknya kalo lolos FK. Yah, begitulah.... :)

Pulang, sendiri, lagi. Naik bis yang di atasnya ada tiga pengamen lagi ngamen (ya iyalah). Aku duduk di kursi, sendiri. Memandang sisi kanan jalan. Sedikit merenung. Lihat banyak toko. Liat banyak gerobak-gerobak. Bahkan liat basecampnya badut sulap(dua rumah sampingan, tanpa cat hanya abu-abu semen, bertuliskan besar-besar BADUT SULAP di bagian atas rumah deket atep, satu-satunya yang berwarna). Liat rumah-rumah di pinggir sungai. Bahkan liat nama toko apa cv gitu : DWI SUASANA JAYA, yaampun, inget temen : DWI SWASANA RAMADHAN, hehe.

Terus aku liat wajah pengamen yang lagi nyanyi (ini pengamennya udah beda lagi dari yang tadi). Betapa, kita harus banyak berjuang untuk hidup dan menjalaninya. Supir yang mempersilakan pengamen ngamen di bis yang dikendarainya pun mungkin karena mereka sama-sama tahu bagaimana kerasnya hidup yang memang harus diperjuangkan. Begitu pula dengan rumah badut sulap tadi. Sejak SD, aku sangat sering sekali melihat stiker-stiker badut sulap dimana-mana. Tiang listrik, telepon umum, tembok rumah, ujung pagar rumah orang. Entah badut sulapnya sama atau tidak (sepertinya sih sama).

Pun dengan seluruh penumpang bis ini.
Mungkin beberapa di antara mereka harus setiap hari menaikinya. Bergabung dengan debu yang menebal di pinggir jendela, hawa panas, bau asap yang sesekali menyeruak udara pernafasan. Mungkin mereka setiap hari pergi dengan alasan yang sama : untuk menyambung hidup.
Begitulah hidup, perlu banyak pengorbanan, hanya aku saja yang mungkin belum banyak dan akan segera menjalaninya, menjalani hidup di dunia sesungguhnya.

begitulah, curhat SNMPTN...
smeoga semua mimpi-mimpi kita tentang hasil SNMPTN dikabulkan Allah, amiiin.

inget kutipan yang biasanya di smsin :
GO GRADIATOR GET PTN 100% BISMILLAH !
amiiiin :D

4 komentar:

  1. haha Fitri,, GOOD JOB,,,
    cerita yang bagus ^^,, seru!!
    good luck ya for everything :)

    BalasHapus
  2. Semangat! Betapa pun hasilnya sudah ada di Lauh Mahfuz milik Allah, toh kita tetap sudah berusaha.. :)

    Adek aku juga habis snmptn kemaren nih.. ikut deg2an.. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak Rhein...
      Lho bukannya adeknya kk udah kuliah di ITT telkom ya?
      adeknya ngambil jurusan apa kak ?

      Hapus