Selasa, 08 Agustus 2017

Al Hadid#1:Edisi Pinjaman Kepada Allah

"Barang siapa meminjamkan kepada Allah denan pinjaman yang baik, maka Allah akan mengembalikannya berlipatganda untuknya, dan baginya pahala yang mulia," -Al Hadid:11 
"Sesunggunya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia."-Al Hadid:18

Belakangan, setiap ke Badr lewat jalan dalam, saya selalu melihat kambing dan domba. Gak terasa sudah kurang dari sebulan lagi, idul adha akan diselenggarakan. Setiap lihat kayak gini tuh inget jaman masih di PPSDMS lewatin Jl. Kaliurang area tertentu yang di sana berderet jual kambing untuk kurban. Jadi ancang-ancang kalau nggak mau nyium baunya dari jauh-jauh udah nahan nafas. Dan tahun ini pun-untuk pertamakalinya setelah 2007-ngerasain suasana pra-idul adha di sekitar Cibinong (baca: baru Depok, ding).

Terus kemarin waktu jam tilawah di Badr terjemah ayat ini yang dibaca. Sempet diem sebentar dan tercenung. Kita itu, dari seluruh nikmat yang sudah Allah beri, seberapa bisa ya meminjamkannya kembali ke Allah. Padahal mah semua yang kita punya juga pinjaman sih. Tapi kita teh masih suka itung-itungan ke Allah. Belum bisa setotalitas para sahabat yang dulu mah sampe rela miskin karena nyumbangnya banyak untuk keperluan dakwah Islam.

Di sisi lain, momen menjelang idul adha ini saya teringat kisah yang pernah saya dengar. Kisah ini kisah asli. Alkisah ada seorang mahasiswa berusia 19 tahun yang udah niat pengen kurban. Dan alhamdulillah, Allah berikan ia kemampuan kurban di usia tersebut. Bertahun-tahun kemudian, ia punya anak yang mau masuk kuliah. Kala itu si ibu sempat bercerita tentang niat kurbannya jaman kuliah itu. Setelahnya, si anak punya azzam yang sama. Bisa kurban sendiri sejak usia 19 dan kalau bisa setelah-setelahnya. Singkat cerita, anak itu berhasil mewujudkan niatnya.

Dalam perkara cerita tersebut, barangkali teman-teman juga pernah mendengar kisah yang sama, mirip, atau bahkan lebih heroik dalam artian perjuangan yang lebih sulit. Tapi di atas itu semua, saya ingin menekankan pada teladan orang tua bagi anaknya. Saya tidak tahu apakah terselip harapan baahwa si anak akan mengikuti jejaknya ketika sang Ibu bercerita. Namun, yang saya tangkap, sang anak merasa terinspirasi oleh niatan ibunya yang mengazzamkan diri untuk berkurban di usia 19, sehingga ia pun memiliki tekad yang sama.

Hal ini sama dengan bagaimana Ismail rela disembelih oleh Nabi Ibrahim ketika tahu bahwa tu adalah perintah Allah. Tentu ada suatu metode pendidikan dari Ibrahim yang membuat Ismail sedeikian taatnya pada Ayahnya atas dasar ketaatan pada Allah.

Hm, awalnya mau nulis yang intinya 2 ayat tadi sih, tentang pinjaman kepada Allah. Tapi ternyata ini jadi nyambung ke keteladanan orang tua. Untuk menutup, semoga kita bisa jadi orang yang dermawan untuk berinfaq di jalan Allah, dan semoga kelak bisa juga memberikan teladan yang baik bagi anak-anak kita (takut eh nulis yang terakhir). Semoga kita bisa terus nabung sampai eksekusi untuk bisa senantiasa ikut berkurban da menunaikan haji (karena idul adha kan momennya momen ibadah haji juga).

Aamiin.

Baca juga : Merencanakan Makkah

Badr-Rumah
7-8 Agustus 2017



Tidak ada komentar:

Posting Komentar