[Resensi#14] Be A Brilliant Writer : Belajar Menulis Secara Menyeluruh dengan Menyenangkan

Senin, 08 September 2014

Judul Buku          : Be a Brilliant Writer
Penulis                 : Afifah Afra
ISBN                      : 978-602-8277-41-9
Penerbit              : Gizone Books (Kelompok Penerbit Indiva Media Kreasi)
Ketebalan           : 272 halaman
Ukuran                 : 20,5 cm

Buku ini diawali dengan cerita penulis tentang latar belakangnya bahwa siapapun bisa menjadi penulis..bagaimana perjuangannya san jatuh bangnnya di awal-awal masa kepenulisan. Kemudian penulis juga menambahkan apa-apa saja yang harus ada pada penulis. Ditambah motivasi-motivasi lain ala Afifah Afra untuk menambah semangat siapapun pembaca yang memiliki keinginan untuk menjadi penilis. Baik untuk menambah wawasan san bagaimana memperkaya ide.

Secara umum, buku ini merupakan handbook yang baik bagi pemula. Di dalamnya, diperkenalkan berbagai jenis pembagian wacana, serta elemen-elemennya. Memperkenalkan diksi dan gaya bahasa serta bagaimana lokalitas dapa menjadi titik pijak perhatian penulis. Pembaca akan dipaparkan mengenai jenis-jenis teks seperti cerpen, novel, artikel, esai, berita,d an lain sebagainya lengkap dengan karakterisik, unsur-unsur, serta contoh teks yang mendukung agar pembaca dapat mengetahui contohnya secara langsung. Tak lupa setiap bagian diakhiri dengan kiat sukses yang membuat penulis berlatih.

Tak hanya soal menuliskan, buku ini juga membahas masalah publikasi karya dan kiat-kiatnya melalui media massa dan buku. Pembaca juga akan diperkenalkan dengan jenis-jenis royalti dan bagaimana internet memberi peran penting bagi penulis, baik untuk riset saat menulis, media publikasi, maupun promosi. Penuis juga semestinya akrab dengan blog yang dapat menjadi sarana publikasi karya murah meriah.

Buku karangan Afifah Afra ini sangat bagus untuk penulis pemula dan cocok bagi siapapun yang ingin menjadi penulis, tidak terbatas kisaran usia. Wawasan yang diberikan bersifat meluas dan lengkap membahas sedikit-sedikit namun cukup untuk menambah wawasan. Bahasa yang digunakan penulis merupakan bahasa yang komunikatif dan mudah dipahami sehingga pembaca tidak akan merasa bosan dalam membacanya.

Afifah Afra, sebagai penulis senior juga memberikan pengalamannya dalam kepenulisan, suatu contoh langsung yang diberikan sosok yang berpengalaman terhadap asam garam yang dilaluinya. Pengalaman biasanya lebih mudah dalam menguatkan pembaca dalam mengadopsi semangat juang yang dimiliki penulis.

Selamat membaca dan tersengat oleh seangat yang ditularkan buku ini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS