Minggu, 11 Maret 2018

Tentang Sabar

"Dan bersabarlah, karena sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang yang berbuat kebaikan." - QS. Hud:115
Ayat ini dilengkapi oleh ayat yang lain.
"Katakanlah (Muhammad) "Wahai hamba-hamba-Ku yang beriman! Bertakwalah kepada Tuhanmu." Bagi roang-orang yang berbuat baik di dunia ini akan memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu luas. Hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa batas." - QS Az Zumar:10

Allah perintahkan berkali-kali soal sabar di Quran, termausk pada ayat-ayat lainnya yang tidak dicantumkan di sini. Sabar itu berat dan sulit sekali. Ujiannya juga setiap hari :")) Tapi Allah sudah janjikan kebaikan yang banyak dibaliknya. Sabar tidak hanya tentang diri sendiri (sabar menghadapi ujian yang ditujukan pada pribadi, sabar menghadapi sikap orang lain yang kurang menyenangkan, sabar berproses meraih ambisi-ambisi pribadi, sabar berproses untuk menarik perhatian dari Allah dan mengupayakan ridhaNya, sabar untuk tidak bermaksiat, sabar beramar makruf-apalagi bernahi munkar, dan lain sebagainya) tapi juga sabar dalam hal-hal yang bersifat komunal; barangkali semacam kepanitiaan acara yang bersabar menghubungi pembicara atau mengumpulkan donasi, sabar dalam menciptakan momentum pareto untuk produk yang sedang dikembangkan, sabar menjalani rapat-rapat koordinasi yang panjang, sabar ketika peluang-peluang usaha dalam tim bekerja belum menjumpai hasilnya.

Aih, sepertinya tidak perlu berpanjang lebar curhat di sini tentang ini. Biar diresapi dalam-dalam saja ke dalam sanubari ayatnya.

Semoga Allah menjadikan saya (dan teman-teman semua) sebagai pribadi yang kuat yang mampu bersabar atas berbagai hal yang terjadi. Aamiin.

p.s; Beberapa hari yang lalu teman saya mengepos di media sosialnya suatu ayat tentang sabar. Surat Az Zumar ayat 10. Saya jadi ingat salah satu note #googlekeeping waktu tilawah Badr *as usual hehehe. Surat yang saya catat di #googlekeep adalah Surat Hud ayat 115. Kala itu catatan tilawah Badr 10 Januari 2018. Sebenarnya pingin dipos pekan lalu tapi pada akirnya saya dahulukan postingan yang ini. Mungkin, emang Allah hendak mempertemukan ayat pendukungnya, makanya dipending sampai pekan ini hehehe.

mulanya dari catatan tilawah Badr, 10 Desember 2017
Baru benar-benar dituliskan sekarang
bagian dari #googlekeeping



Tidak ada komentar:

Posting Komentar