[Resensi#15] Girls and Tech : Bahwa Perempuan juga Bisa Berkarya dengan IT

Jumat, 28 November 2014

Judul Buku          : Girls & Tech
Penulis                 : Ollie
ISBN                      : 978-602-7975-64-4
Penerbit              : Bentang Belia
Ketebalan           : x + 186 halaman
Ukuran                 : 20,8 cm
Harga                    : 49.500

Teknologi informasi (information technology/IT) semakin mudah diakses oleh manusia. Internet yang membuat dunia kehilangan batas antar negara pun makin mudah diakses manusia. Terbukti bahwa IT memudahkan hidup manusia, perkembangan IT pun begitu pesat belakangan ini. Sayangnya, mayoritas orang yang berkecimpung dalam dunia IT adalah laki-laki. Perempuan dengan teknologi informasi, adalah hal yang sampai saat ini masih dominan sebagai konsumen, bukan sebagai sosok yang turut berperan aktif sebagai pengembang. Padahal, peluang IT yang sangat besar bukan berartitidak mampu dihandle oleh tangan multitasking perempuan.

Melalui buku ini, Ollie memulai dari alasan dan poin-poin penting yang menjawab pertanyaan kenapa perempuan pun harus ada yang berani untuk berada dalam dunia IT. Ollie pun bercerita perihal pengalamannya selama ini sejak masih di bangku sekolah sampai bekerja di bidang IT yang akan memberikan pandangan baru bahwa tidak selamanya perempuan akan tertinggal jika ia memiliki passion yang besar dalam dunia IT. Penulis juga memberikan cukup suntikan bagi pembaca agar dapat terus semangat dalam berada di dunia IT.

Memiliki perspektif yang khusus ditujukan bagi perempuan, penulis menyebutkan segala keunggulan perempuan yang dapat membantunya di dunia IT ini. Sebagai pelengkap, disampaikan juga tokoh-tokoh perempuan Indonesia yang maju dalam dunia IT seperti Shinta Danuwardoyo, seorang pioneer Woman in Technology dan masih banyak tokoh lainnya yang dapat menginspirasi para perempuan untuk berkarya di dunia IT.

Berada di dunia IT tidak berarti perempuan harus menjadi orang yang terus-terusan mengerjakan suatu program di depan layar komputer. buku ini akan mengajak perempuan melihat lebih luas lagi, melihat bahwa IT yang memudahkan berbagai persoalan kehidupan dapat menjadi peluang di berbagai kesempatan. Septi Peni Wulandari, salah satu tokoh yang disebutkan dalam buku ini merupakan pengelola situs http://ibuprofesional.com. Berkat bantuan IT, situs ini dapat menjadi lokasi belajar online yang cukup diminati oleh para ibu-ibu. Bu Septi memanfaatkan IT sebagai sarana media belajarnya, juga sarana berbagi untuk mengembangkan kapasitas para ibu di Indonesia.

Buku ini juga membahas langkah-langkah membangun startup. Kemudian juga membahas  berbagai tips dan trik agar perempuan tetap dapat survive bergelut di bidang yang masih didominasi oleh kaum pria ini. Berbagai komunitas yang dapat saling membantu dan memberi masukan bagi siapapun yang berminat pada IT pun dikenalkan di dalam buku ini. Sebagai tambahan, Ollie juga menceritakan kesehariannya dan apa-apa yang terkait dengan dirinya sebagai sosok yang sangat berkembang dalam dunia yang disenanginya, dunia IT.
Girls and Tech sangat cocok untuk dibaca oleh semua perempuan, tidak terkecuali yang tidak memiliki latar belakang IT sekalipun karena IT merupakan hal yang sangat dekat dengan manusia sampai detik ini. Berbagai aspek kehidupan dapat menjai mudah dengan memasukkan bantuan IT di dalamnya. Buku ini kaya akan informasi dan memberi motivasi agar perempuan tak mudah patah semangat dalam menjalani kesehariannya yang dimudahkan oleh IT, tentunya tidak hanya sebagai pengguna (user), namun juga pengembag (developer).


Selamat membaca J !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS