Semester Tiga : KRS-an

Kamis, 22 Agustus 2013

Orang-orang ribut tentang KRS-an(Kartu Rencana Studi). Berkicau di twitter, sibuk chatting tanya kakak tingkat. Tapi ya kesannya beda, ceritanya beda. Satu bilang enak, lainnya tidak. Yang ini bilang dosennya begini, lainnya bilang beda. Temen saya bilang tanya kakak tingkat dapet banyak pencerahan malah nambah bingung. Hemh, KRS Semester tiga. Lihat RPKPS (Rencana Program Kegiatan Pembelajaran Semester) kadang kurang mencerahkan, kurang menggambarkan...ehm...tingkat kesulitan.

Sejujurnya, pilih saja mata kuliah yang kamu minati. Tapi disisi lain saya mikir siap nggaknya ngambil mata kuliah itu. Bukan apa-apa, ada amanah yang belum selesai di semester ini -yang sejujurnya sungguh entah kenapa membuat saya mikir dua kali *berkali-kali deng haha*. Ayo dong buruan selesai amanahnyaaaa><

Kenapa pengen buru-buru selesai? Jawabannya sederhana sebenarnya, saya nggak suka sama amanah ini. Itu saja. Dimanapun kita selalu butuh cinta, kan? *nahlo, hehe 

Kalo boleh jujur, kadang saya mikir temen juga, hehe. Gimanapun juga kalo ga ngerti atau mau belajar bareng yang dikontak pertama pasti temen. Ya meski gak selalu, faktor ini pasti dipertimbangkan sama kita. And it's never been easy buat nyatuin pemikiran mau ngambil apa semester ini. Ini gak semudah semester kemarin yang kita udah kaya shalat jamaah pada ambil Basis Data plus praktikum yang harusnya matkul semester 4. Apalagi dengan kondisi semester ini jadwal Kewarganegaraan yang bentrok sama ADA(Analisis Desain Algoritma) I-sementara KN terlihat lebih selow dibanding matkul berikut : IMK(Interaksi Manusia Komputer), Metode Numerik, sama RPL. Ehem.



matkul wajib semester 3
matkul wajib semester  5
IMK-Interaksi Manusia Komputer:yang dibilang matkulnya anak jomblo di twitter (katanya gini: ya ampun sesedih itu apa jomblo sampe harus belajar interaksi, sama komputer lagi--"). Katanya belajar interaksi(yah sesuai namanya lah), bikin interface. Terus tugasnya katanya lebih berat(yah tapi mau diambil kapan juga tetep pasti ketemu, kan? orang matkul wajib). Ehm, ada kakak tingkat yang bilang enak, tapi ada juga yang bilang itu kayak AI(Artificial Intelligence; Kecerdasan Buatan), matkul semester 4 yang sering dijadikan 'momok'. Nah kalo gini masalah siap nggak siap, sih. Beberapa udah ngambil matkul AI di semester dua. Tapi semester kemarin saya nggak berani ambil.

Oh iya ada juga temen yang gak mau ambil IMK gegara jadwalnya hari Jumat jam setengah empat sampe jam enam sore(entah kenapa jadwal di semester ini gak serajin semester satu dua dulu yang kaya anak sekolaan). Biasanya yang kayak gini gegara pengen pulang kampung (paling yang rumahnya masih sekitaran Jogja kayak Klaten, Solo, Sragen gitu).


Metode Numerik; katanya matematika banget (iya gak ya pake banget? hehe). Beberapa milih nggak mau ngambil karena merasa SUDAH SANGAT CUKUP sama matkul PDE(Persamaan Diferensial Elementer)-yang katanya lebih susah pake banget dari kalkulus(udah kayak kalkulus lanjut lah, katanya), bukunya fotokopian(biasanya juga fotokopi sih, hehe, tapi katanya kalo beli di amazon bisa ampe satu juta)- sama MetStat(Metode Statistika) yang itung-itungan juga. Jadi kayaknya kalo nambah Metnum kok kayaknya nambah beban aja --". Btw, saya juga ragu karena Metnum ada praktikumnya, di matkul pilihan tapi. Ya emang bisa aja sih entar dulu, dahulukan yang wajib soalnya hehe. Tapi kok y nggak sreg aja kalo praktikum ga dibarengin ama teorinya. Udah gitu, praktikum saya semester ini udah ada 3._.


RPL(Rekayasa Perangkat Lunak) tahun kemarin banyak diambil kakak tingkat, soalnya banyak dipake prasyarat matkul lain. Nanti kalo udah ngambil matkul ini bisa ambil matkul SI, IT Project Management, SPK (kok ternyata gak banyak ya --") soalnya RPL itu syarat buat ambil matkul tersebut. Nah, kembali ke masalah praktikum, kalo ambil ini doang tanpa praktikum rasanya makan sayur tapi kuahnya doang--v. Tapi praktikum yang sudah tiga itu rasanya._........ Dan lagi jadwal praktikum itu diketahui belakangan, super males banget rasanya ngurus kalo jadwalnya ampe bentrok. Semester lalu dua praktikum saya di-sehari-kan hingga akhirnya kalo ujian rempong sendiri(padahal jaman SD terima aja sehari uasnya ada tiga matkul--"). Mmm, gabanyak juga yang ambil praktikum RPL; cowok paling banyakan(namanya juga ilkom), ama kakak tingkat(namanya juga kuliah, gabung ama kakak tingkat biasa---kata seseorang).



"Tapi masa ada 4 praktikum kak dalam satu semester?"--tanya saya
"Hahaha. Ya...namanya juga kuliah Fit, lebih kejam daripada ibukota :("--jawabnya. Bisa aja kakak ini :P

Grafika Komputer : Saya gak terlalu tertarik sih, wajib smt 5, beberapa temen cewek ngambil. Sejujurnya bikin sedikit mikir : apa itu aja ya...~  genderisme juga nih, ilkom ilkom...

Multimedia : matkul pilihan, beberapa memilih itu daripada harus menemui metnum atau matkul lain yang terkesan lebih menyeramkan daripada multimedia. Saya? ntar dulu kayaknya.

Sebenernya faktor dosen juga ngaruh. Misalnya aja tahun ini dosennya Pak A. Eh itu lebih mending tau, daripada tahun lalu Pak B, kalau taun depan dapetnya Pak B gimana *eaaaaa bingung~~ Nah balada mahasiswa *ceileh bahasanya* yang kayak gini ini juga. Sebagian tanya, dosen itu nilainya gampang gak? Bagi saya, prioritas itu : dosen itu ngajarnya enak gak? Bikin mudeng gak? Kitanya ngerti nggak. Nahlho, bingung juga kan kalo gini, pengennya kan selalu dapet dosen enak biar paham... :/



Ambil apa semester ini, Fitri? Ada saran? :)


7 komentar:

  1. saran kek fan, biar beneran jadi dewa kayak katamu... :)

    BalasHapus
  2. hihihi lucu fitri ceritanya XD kayknya seru gitu, jdi pingin dengerin fitri cerita langsung gitu, trus ekspresif gitu XD semangat ya fit, sukses selalu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh aduh leny~~apanya yang lucu inih, inimah galau mbak leeeen hehe. sama sama semangat juga ya leny. kamu juga ya sukses selalu *aku suka tbtb pengen jadi dokter tau leeen :)

      Hapus
    2. lah??sama aja fit, iya, habisnya ditempatku gk ada krs gitu fit, jadi coba membayangkan piiis ^^v

      Hapus
  3. Fitri galau sekali :"
    Padahal aku semester tiga masih ikut2 panduan fakultas aja. hhe.
    Mangat mangat :3
    akhirnya ngambil apa aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh ada kakak perhatian :"

      haha iya kak galau inimah hoho.
      semangat juga ka suciii :)
      sementara ini ambil metnum sama imk kak akhirnya, entah deh nanti pas masa revisi aku ubah apa ngga hehe :D

      Hapus

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS