Minggu, 07 Oktober 2018

Bahagia

Ikut bantu-bantu panitiain kajian remaja. Temanya tentang bahagia.
.
Setiap peserta diminta nulis definisi bahagia mereka.
.
Lalu menebak arah materi. Pemahaman bahwa bahagia itu ketika dapat ridhaNya Allah. Itu harusnya standar bahagia seorang muslim.
.
Sudah sebesar ini. Seberapa jauh mencari bahagia dengan definisi itu. Seberapa jauh menjadikan ridha Allah sebagai standar kebahagiaan, standar ketenangan, standar merasa cukup.

Saya tahu definisi bahagia itu. Tapi seberapa sering saya merasa mendapatkan bahagia dengan standar itu. Atau seberapa sering saya mencari kebahagiaan lewat selain itu. Betapa mudah bahagia karena hal kecil, tapi bisa jadi merasa bahagia dengan mudah karena hal-hal yang Allah atur itu sulitnya masya Allah :"

Seperti yang diperjuangkan akhir-akhir ini. Seberapa kuat saya menahan diri. Seberapa kuat merasa cukup dan tidak perlu mencari tahu lebih. Sebetapa tenang saya dengan hal-hal yang sudah saya tahu, lalu merasa cukup. Seberapa merasa cukup saya untuk menyimpan banyak hal sendiri untuk beberapa alasan. Seberapa pasrah saya sama Allah sebagai jalan yang saya yakini akan ngasih kebahagiaan hakiki.

Ah, Allah....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar