Jumat, 23 Desember 2011

Jalan-Jalan Jogja part#3

Jalan-jalan Jogja part#1 yang bareng anak Gradiator ke Malioboro
Jalan-jalan Jogja part#2 yang bareng Mbak Kiki ke Taman Pintar
Nah yang ke-3 ini yang bareng Bude Ninik. Ke mana? Ke Keraton Ngayogyakarta

Jadi, hari ini kami berdua pergi ke sana. Kira-kira jam 10.15 kali ya kita sampe sana. Ehm, mungkin aku gak bisa cerita banyak masalah ada bangunan apa aja yang ada di sana. But, yang aku masih belum bisa bayangin adalah bagaimana kehidupan kerajaan itu berjalan. Maksudnya, ehm...ya mungkin tradisi dan kebiasaan kerajaan sekarang gak sekental dulu. Tapi dengan bangunan sebanyak itu di keraton, bagaimana bisa tidak terbayang bahwa itu semua memiliki kegunaan masing-masing yang masih menjaga tradisi turun menurun itu.



Depan Gedung Jene, tempat Sri Sultan Hamengku Buwono bekerja (Gedungnya yang warna putih-emas)


Bude Ninik di depan Lambang Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Di salah satu pintu Museum HB IX. Ukiran langit-langitnya bagus banget, yaa...

Salah satu isi museum HB IX

Jam aksara Jawa

Benda-benda peninggalan

Silsilah keluarga Sri Sultan HB II. Lucu, ya silsilah keluarganya pake pohon dan aksara Jawa...


Eh, ada juga kejadian tak disangka. Baru sebentar jalan-jalan di keraton, aku lit ada segerombolan anak sekolahan yang lagi studi tur. Dan ternyata di antar amereka ada adik kelasku dulu wktu di IGBS Darul Marhamah. Namanya Hafsah Avisha. Karena tadi kelupaan buat foto bareng, akhirnya ini aku pajang aja deh foto dia yang aku ambil dari facebook, hehehe X).

Hafsah Avisha, adik kelasku dulu di MTs IGBS Darul Marhamah

Kemudian kita juga sempet ngeliat iring-iringan ibu-ibu jalan sambil bawa teko-teko. Kata budeku sih itu abis ngasih minum buat orang-orang di keraton. Ini terjadi setiap pukul 11 lho!
Ikutan mengiringi, :)
Muter-muter kemudian kami masuk ke Museum Hamengkubuwono IX yang pernah jadi wakil presiden RI. Subhanallah, bener-bener ya, orang penting segalanya memang benar-benar dikenang. Sempat terbayang olehku betapa orang yang hidupnya dapat memberi kesan banyak bagi orang lain, bisa memberi manfaat sebnayak mungkin, dan disukai oleh sekelilingnya akan begitu dikenang sepanjang masa, tidak saat ia masih hidup saja. Dari sini aku belajar : Mari selalu berbuat kebaikan ! Tapi bukan untuk niatan dikenang, bukankah dengan menjadi orang baik, kita akan selalu bisa memberi manfaat bagi orang-orang di sekitar kita?

Terus sempet juga masuk ke ruangan yang nyimpen segala harta benda yang pernah ada di keraton. Entah sebenernya aku juga nggak begitu ngerti kenapa benda-benda itu udah tinggal dipajang aja. Habis sebenernya bukannya sayang ya, kan masih bisa dipake, sayang kalo dibeli lagi. Hehehe.. Yah, entahlah apa yang menjadi alasan di;amerkannya benda-benda tersebut.


Selesai jalan-jalan, aku diajak bude makan di Bale Raos, tempat makan dekat keraton yang menjual menu-menu yang sering dihidangkan di keraton.
Gerbang Masuk ke Bale Raos

Buku daftar menunya yang bilingual indo-inggris juga mencantumkan detil makanan tersebut sekaligus itu tuh makanan kesukaan Sultan Hamengku Buwono yang keberapa. Silakan liat !
contoh uraian di daftar menu

Bude Ninik yang baik hati mentraktir keponakannya :) Terima kasih Bude! 



Menu yang dipesen Bude : Nasi Tradisional + Beer Djawa (Bir aja namanya, tapi gak beralkohol. Minuman ini pokoknya ada jahenya, mungkin itu membuat hangat ya jadi disamain sama bir*hahaha, sotoy mode on)

Nasi Jene yang aku pesan

Dessert "Prawan Kenes" berupa pisang kepok (kalo ga salah) yang dibakar terus dikasih fla gitu. Padahal Prawan Kenes artinya gadis centil, lho!

Ini dessertnya Bude Ninik. Lupa namanya, tapi dari tape ketan gitu.

Alhamdulillah, terima kasih ya Allah atas nikmatnya perjalanan kami ini...

1 komentar: