Rabu, 29 Agustus 2012

Mbak, Maaf, Mau Jamaah? | Budaya Jamaah Disekitar Kita...

Sebenernya harus ngerjin tugas, tapi kalo didundur-undur nulis itu nanti kehilangan feelnya, sekarang aja menurut saya telat banget. Uh, kalo bisa ya ditulis tadi langsung ba'da shalat Zuhur, mungkin saya bakal lebih menjiwai segenap jiwa raga *apasih.

Saya mau menulis tentang...shalat berjamaah.

Kalau ditanya kelebihan, jujur saja ilmu saya juga belum bisa menerangkan berbagai keutamaan dari shalat berjamaah. Tentu saja yang umum diketahui adalah shalat berjamaah lebih utama dua puluh tujuh derajat dari pada shalat sendirian. Selain itu apa masih ada lagi? Tentu. Jika mau lihat berbagai keutamaan bisa silakan googling atau salah satunya bisa klik di sini. Mungkin di sini saya tidak akan membahas panjang lebar masalah keutamaan. Seperti yang tadi dibilang, saya mungkin belum punya banyak ilmu mengenai itu, dan tentu di banyak situs juga telah dimuat. Saya hanya ingin berbagi pengalaman.

Pendidikan formal saya setingkat SMP dan SMA dihabiskan di sekolah berasrama. Meski berbeda (sekolah waktu SMP dan SMA), di sana, kami para siswa selalu dibiasakan untuk shalat berjamaah. Sekalipun masbuq. Di IGBS Darul Marhamah, MTs saya, kalau masbuq imamnya selalu nyaris wanita, karena sekolah kami memang khusus wanita. Sementara di MAN Insan Cendekia, jikalau masbuq pun, jamaah putri selalu berusaha mencari jamaah baru dari putra--kemudian makmum, ataupun menunggu sejenak sampai ada jamaah baru yang diimami anak putra (karena di IC memang ada siswa dan siswi). Sekalipun shalat zuhur putri selepas shalat jumat, pasti ada saja jamaah yang dibentuk--sekalipun ada juga segelintir siswi yang memilih shalat sendiri.

Di rumah, Ummi dan Abi juga membiasakan untuk bisa selalu shalat berjamaah. Abi pun kadang bilang masalah menjaga shalat agar bisa selalu berjamaah. Kalau kadang Ummi atau Abi pulang telat, nyaris selalu sms meminta menunggu shalat sampai Ummi atau Abi pulang--atau shalat dijadikan dua kloter, tapi tetap berjamaah. Dan saya pun terbiasa, apalagi belakangan ini setelah lulus SMA saya liburan panjang di rumah, jadi kebiasaan ini makin terasa. Mungkin saking terbiasanya saya pernah merasa heran sekali ketika main ke rumah saudara, di sana mereka shalat sendiri-sendiri. Jika jamaah pun hanya ayah-ibunya, anak-anaknya sendiri, tidak memilih berjamaah. Sebenarnya saya sedikit sedih saat itu. Rupanya budaya jamaah juga bergantung pada penanaman di keluarga--selain di sekolah.

Dan kemudian, Senin Maghrib ketika shalat di masjid kampus, saya termasuk generasi masbuq. Sudah telat juga ke masjidnya, jaraknya lumayan, toilet dan tempat wudhunya sangat ramai. Ya, lagi rame-ramenya maba pada ngurusin ospek sih, belum kakak2 panitianya juga. Kemudian saat hendak memulai shalat maghrib, di antara kami berenam (empat teman sekelompok, saya, dan satu kakak pemandu) hanya saya dan kakak pemandu yang jamaah. Entah karena memang udah ada yang duluan ke tempat shalat atau gimanalah. Masjid kampus rameeee banget maghrib itu. Namun saya pun miris. Saya tidak melihat adanya jamaah-jamaah seperti yang biasanya ada di masjid DM ataupun IC. Entah bagaimana, saya kangen~ Kemudian saya berpikir, Oh, mungkin pada gengsi ya ngajak shalat bareng. Karena kebanyakan juga pasti orang-orang baru...

Bicara soal gengsi, saya teringat waktu mampir di mushala untuk shalat maghrib di perjalanan mudik. Karena waktu itu lagi nunggu Ummi dateng dari tempat wudhu dan jagain Fatih di pojokan ushala, aku tersentuh sekali mendengar seorang Bapak dari shaf pria mengajak bapak-bapak yang lainnya untuk shalat berjamaah. Saya tidak tahu kenapa, tapi yang jelas saat itu saya tersentuh sekali rasanya.
"Pak, mau shalat maghrib Pak? Ayo jamaah saja, Pak." selang bentar, beliau udah ngajak bapak-bapak yang lain lagi "Bapak mau shalat maghrib? Ayo Pak, bareng-bareng saja, jangan shalat sendiri..."

Dan saya tidak tahu kalau hari ini saya juga akan mengalami hal yang sama.

Zhuhur ini saya juga telat. Ngga bisa ikut jamaah pertama masjid. Ngerjain tugas kelompok di tempat yang ngga terlalu deket sama masjid kampus. Udah gitu belum tau juga tempat shalat yang deket di fakultas apa gitu di sekitar situ. Akhirnya saya memilih meminjam sepeda kampus menuju masjid kampus.

Sama halnya dengan Maghrib selanjutnya. Masjid ramai sekali. Selain hari itu ada wisuda, tampaknya kumpul maba psikologi juga di halaman sekitar masjid kampus. Jadilah masjid ramai betul. Saya sendiri ke masjid, sendiri naik tangga menuju lantai dua--tempat shalat jamaah putri.

Saya menaruh tas perlahan, memandangi sekitar, mendesah pelan. Masjid kampus seperkiraan saya luasnya mungkin 4x masjid IC, besar sekali. Bedanya dengan IC, karena jamaah putri di atas, biar masbuq pun, sulit sekali untuk menjadi makmum dari jamaah masbuq putra--tidak seperti di IC. Dan di masjid sebesar ini, orang shalat menyebar.
Ah, tiba-tiba saya kangeeen sekali dengan shalat berjaamaah di sekolah dulu. Kemudian saya berfikir, bagaimana caranya agar bisa shalat berjamaah?--apalagi saya datang sendiri, tidak bawa teman yang bisa diajak shalat jamaah.
Kemudian saya ingat bapak-bapak di mushala yang tadi saya ceritakan, yang saya mampir di perjalanan mudik. Saya yang harus mengajak, begitu pikir saya. Kemudian saya melihat seseorang yang sedang hendak memakai mukena, tapi tampaknya sedang dapat telepon namun suaranya tidak jelas. Saya memutuskan menunggu untuk mengajaknya. Sampai akhirnya ketika beliau (mungkin) menyerah pada keadaan telepon, saya mendekatinya dari samping kanan. Bertanya pelan,"Mbak, maaf, mau jamaah?"
Si mbak menoleh, kemudian...mengangguk. Alhamdulillah, batin saya. Namun saat itu rasa haru saya sungguh luar biasa.

Si Mbak yang tadi saya sapa itu kemudian menjadi imam. Lagipula, kelihatannya beliau pun kakak senior, sudah mahasiswa. Dan saya pun tidak mengerti kenapa, tepat di rakaat pertama,tak lama setelah takbir, air mata saya menetes. Saya menangis. Entah, mungkin saya terharu dengan shalat berjamaah kali itu. Atau tiba-tiba kangen luar biasa pada sekolah saya dulu. Atau mungkin juga kangen shalat berjamaah di rumah. Saya tidak tahu persisnya. Tapi jelas saya sungguh terharu karena saya menangis cukup lama dalam shalat itu, tidak hanya pada rakaat pertama. Bahkan pada rakaat terakhir, air mata saya masih enggenang di pelupuk mata. Mungkin akan jatuh jika tidak saya usap.

Saya mungkin berpikir tiba-tiba saya menjadi minoritas. Kemudian saya jadi rindu di mana hal shalat berjamaah ini menjadi hal yang sering sekali kami lakukan dulu ketika di bangku sekolah dan di rumah. Entahlah, mungkin ini berlebihan, dan kalian boleh saja enilainya begitu. Saya mungkin merasa begitu karena yang lain saat itu tidak melakukannya--jika ada pun sungguh sedikit sekali. Karena terbiasa, maka janggal bagi saya ketika tidak dilakukan, apalagi sesungguhnya kondisinya memungkinkan. Bukan karena kitalah yang masbuq sendirian.

Ternyata, masih minim ya penanaman rasa terbiasa/budaya untuk shalat berjamaah  di masyarakat. Padahal keutamaannya--saya yakin sekali--pasti banyak. Semoga saja kita bisa turut membudayakannya ya :)

Semoga ilmu-amal-dakwah-sabar itu bisa terus menjadi hal-hal konsisten yang kita lakukan, ya. Amiiin :)

Wallahu a'lam bish shawab.

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. fitrii... makasii banyaakk, ini kemaren doni alami juga, cuma ga di kampus fit, di kos2an temen. kalo di kampus insyaAllah masih kaya di ic suasana masjidnya. kalo biasanya maen k rumah temen2 mts doni, kita solatnya biasa jama'ah. tapi kemaren doni solaat ga jamaah ama temen kampus doni ituu fit.. mau ngajak tapi dia sibuk ama hp-nyaa.. huuu jadi solat sendiri de doni duluaan.. T,T padahal kemaren bener-bener terasa janggal ga ngajakin dia buat solat bareng... haduuuh... makasi ya fit :) pokoknya ntar doni bakal ngajak, ga terulang lagi kaya kemareen. amiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama, semoga kita sama-sama bisa mengambil pelajarannya ya...

      iya don, kalo di mesjid2 emang biasanya jamaah cowok lebih banyak. Gatau ya kenapa kalo cewek kebanyakan pada sendiri, jarang yang jamaah. Kemaren di kampus juga meski masbuq aku liat yg cowok juga pd jamaah, banyak juga.

      Hapus