[Resensi#7] Why? Future Science : Inti Sains Masa Depan Adalah Mewujudkan Mimpi

Rabu, 09 April 2014

Judul Buku : Why? Future Science (Serial Why? : Sains Masa Depan)
Penulis : Cho, Young-Seon
ISBN : 978-602-00-0921-6
Penerbit : PT Elex Media Komputindo
Ketebalan : 160 halaman
Ukuran : 18 x 24 cm
Harga : 75.000

Terjadi penyerangan di Pulau Tamra. Makamura, seorang kapten bajak laut yang memimpin penyerangan ini berkeiginan untuk menguasai pulau tersebut. Komji, seorang anak laki-laki yang pintar dan penuh rasa ingin tahu diminta untuk menjaga Omji, seorang putri bangsawan. Mereka membuka kotak yang diwariskan oleh keluarga Omji secara turun temurun untuk mendapatkan bantuan mengatasi serangan Makamura di kota itu.

Setelah melakukan petunjuk dalam kotak, bantuan pun datang. Awalnya Komji dan Omji keheranan karena bantuan yang datang berupa seorang kakek berpakaian aneh yang ternyata adalah Profesor dari masa depan, Profesor Mi Rae Mong.

Profesor Mi Rae Mong membantu Komji dan Omji mengalahkan kekuatan pasukan Makamura dengan bantuan kecanggihan alat-alat yang dibawanya dari masa depan. Ia menghadapi pasukan Makamura dengan tangan kosong karena dapat menghilangkan diri dan muncul di tempat lain serta memiliki besi sebagai pengganti tulang di tangannya.

Mulanya kata-kata Profesor Mi Rae Mong sulit dimengerti oleh Komji dan Omji, tapi setelah diberikan alat penerjemah oleh Profesor, mereka berdua dapat memahami semua ucapannnya.

Profesor Mi Rae Mong membantu rakyat Pulau Tamra dari banyak aspek. Ia menyembuhkan Jenderal Pulau Tamra yang buta dan cacat tangannya akibat terluka pada peperangan sehingga Jenderal sembuh seperti sedia kala. Ia membawa robot yang dapat membantu mengerjakan hal-hal berat, bahkan membangun rumah baru. Ia juga membawa robot pembantu pasien untuk melakukan diagnosis pasien.

Profesor Mi Rae Mong juga membantu rakyat Pulau Tamra dalam hal persiapan perang lewat robot-robot serangga pengintai, pakaian wearable computer, senjata yang aman, latihan perang dengan virtual reality, pakian tempur super, dan hal-hal keren lainnya yang merupakan hasil kecanggihan teknologi.

Buku ini dapat menjelaskan dengan baik alat-alat masa depan yang merupakan hasil perkembangan kecanggihan teknologi. Setiap muncul suatu alat baru, akan diberikan deskripsi singkat mengenai teknologi tersebut serta dibahas penerapannya di dunia nyata. Beberapa teknologi juga diceritakan kelebihan dan kekurangannya. Dan menariknya, semua teknologi yang muncul di buku ini merupakan teknologi yang dalam dunia nyata juga sedang diteliti dan dikembangkan oleh para ilmuwan. Terbukti dari adanya foto robot asli serta kalimat yang menjelaskan lokasi penelitiannya, misalnya, pada foto-foto yang juga ditampilkan dalam buku ini.

Penyajian buku yang seperti komik, meski dipadati oleh fakta-fakta ilmu pengetahuan tidak akan membuat pembaca bosan. Kecanggihan teknologi yang mungkin tidak pernah terlintas di benak manusia ini dapat digambarkan secara nyata dan membuat pembaca bersemangat untuk mengetahui teknologi masa depan dan mempelajarinya. Buku ini cocok dibaca oleh semua usia, terutama anak-anak sampai remaja karena buku ini juga dapat memotivasi agar giat belajar untuk memberikan sumbangsih yang besar di dunia teknologi di masa depan.

“Inti sains masa depan adalah mewujudkan mimpi.”
-Profesor Mi Rae Mong,
di cover depan buku ini :D


sumber gambar dari situs penerbit aslinya di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS