Selasa, 01 Mei 2018

[Repost]Urusan Domestik

Urusan domestik itu kalau diurus sendiri kan bisa sambil didoakan dan diwiridkan. Misalnya, mencuci baju didoakan supaya orang yang memakai tambah percaya diri, tambah baik, dan sebagainya. Atau misalnya memasak makanan, ditambahi doa semoga yang memakan senantiasa diberikan kesehatan, tumbuh-kembang yang baik, dan sebagainya. Itu yang pertama.”
“Kedua, urusan domestik itu harus bisa supaya mengurangi ketergantungan kita terhadap faktor eksternal di luar diri kita. Misalnya, kita mampu masak, mencuci, bengkel, maka hal-hal di bidang itu kita nggak perlu merepotkan orang lain. Bahkan, syukur kita bisa membantu.”
“Ketiga, urusan domestik harus dikuasai supaya memperkuat daya tahan dan daya lenting keluarga. Tentu kita tidak bisa menjamin bahwa kita akan hidup serba cukup terus, ada saatnya kita di bawah. Ada suka dan dukanya. Dengan terampil manajemen urusan domestik, keluarga akan tetap bertahan dan relatif minimal gangguan meskipun kondisi ekonomi, kenyamanan, dan kesejahteraan berubah drastis.”
“Terakhir, perempuan yang terampil mengurusi pekerjaan domestiknya, maka pahalanya setara dengan jihad fii sabiilillaah.”



-dari sini, menginspirasi sekali terutama di bagian yang dibold (buka linknya aja bbiar semakin terinspirasi)

Zahra dan Fahmi dalam adik kelas saya. Zahra adik asrama di RK yang selisih usianya hanya 2 hari lebih dulu dari saya. Fahmi adalah adik kelas saya di IC. Keduanya menikah 7 Mei 2017. Keduanya adalah pasangan penghafal Quran. Mengharukan sih emang :" Dan mereka membuktikan bahwa dalam kurang dari 1 tahun, mereka sudah banyak sekali membuat banyak pencapaian dan menebarkan kebermanfaatan (itu aja baru yang tertangkap oleh mata, belum kebaikan yang hanya mereka rahasiakan berdua).

Mei tahun ini rencananya mereka akan melaksanakan launching buku mereka soal pernikahan. Waktu saya lihat tanggal perencanaan launching bukunya, 7 Mei 2018, saya langsung berpikir, pasangan ini dalam jangka setahun sudah bisa berbuat banyak sekali kebaikan, ya. Isi kajian, isi kelas dan seminar tentang munakahat, bikin buku, bikin blog berdua yang isinya menginspirasi pembacanya. Sungguh luar biasa (jadi kamu setahun ini ngapain aja Fit?).



diawali 21 April 2018,
perjalanan menuju UKM Center FEB UI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar