[Resensi#4] Open Your Heart, Follow Your Prophet; Buka Hati, Ikuti Nabi : Ia Benar-Benar Teladan Sejati!

Kamis, 06 Februari 2014

Judul Buku : Open Your Heart, Follow Your Prophet
Penulis       : @teladanrasul (Arif Rahman Lubis)
ISBN         : 979-017-255-9
Penerbit      : QultumMedia
Ketebalan   : vii+184halaman
Ukuran       : 14 x 20 cm
Harga Buku : Rp35.000




Zaman semakin cepat berkembang, dan secepat itu pula manusia memiliki ragam idola masing-masing. Ilmuan, artis, tokoh-tokoh inspiratif, para pahlawan, orang-orang sukses, dan lain sebagainya. Tanpa sadar, kita mulai melupakan sosok teladan terbaik yang pernah ada. Yap, beliaulah Rasulullah SAW, sosok yang keren banget untuk dijadikan idola

Rasulullah SAW adalah sebaik-baik contoh yang dapat kita teladani. Buku ini berisi tentang sifat-sifat Rasulullah SAW yang perlu kita teladani dalam kehidupan sehari-hari. Pada awal membacanya pembaca akan diajak untuk berubah menjadi seseorang yang lebih baik lagi. Perubahan ini akan diawali dengan memikirkan kembali maksud dari diciptakannya kita sebagai manusia. Dan tujuan ini lah yang kemudian mengantarkan kita ke poin-poin selanjutnya karena tujuan penciptaan merupakan landasan bagi kita untuk beramal dan berperilaku di muka bumi ini.

Ketika kita telah menyadari tujuan penciptaan manusia di bumi ini, maka buku ini akan mengajak kita untuk mengenal Allah lebih dekat dan mendekatkan diri pada-Nya. Kita akan dilatih untuk memupuk kebiasaan positif seperti shalat dan puasa—baik yang wajib serta yang sunnah, sedekah, serta membaca Al Quran. Tidak hanya mengajak untuk membiasakan, buku ini juga menyebutkan keutamaan-keutamaan masing-masing amalan sehingga pembaca dapat lebih termotivasi untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah itu, kita akan dijelaskan bagaimana cara memperoleh tiket emas menuju surga. Nah tiket emas ini tanpa sadar ternyata dekat sekali dengan kehidupan kita sehari-hari, lho! Wah, apa ya tiket emas itu? Nah, setelah dijelaskan cara memperoleh tiket emas itu, kita akan membicarakan masa depan. Betapa kita akan menyadari bahwa hidup ini begitu singkat dan kita harus menghasilkan karya yang dapat kita banggakan di hadapan Allah kelak. Kemudian, kita akan sedikit demi sedikit melangkah untuk mempersiapkan masa depan berikut profesionalitas dalam meraihnya.

Nah kemudian di bahasan yang terakhir dan tidak disangka-sangka adalah kita akan mengetahui bagaimana cinta yang memuliakan kita di hadapanNya sekaligus bagaimana memperolehnya.


Buku ini sangat menarik untuk dibaca. Meskipun bahasan dalam buku ini cukup luas, namun penulis dapat menyampaikan poin-poin inti yang merupakan akhlak Rasulullah SAW untuk dapat diteladani oleh para pembaca. Selain poin inti yang disampaikan, ada juga cerita-cerita teladan dari para sahabat maupun ulama pada masa lampau. Ada juga kisah-kisah analogi serta kisah-kisah yang dapat menyampaikan materi secara tersirat, baik yang disampaikan secara serius maupun yang tidak serius (yang akan membuat kita meringis karena geli). Alurnya teratur mulai dari hal yang paling mendasar sampai hal yang lebih luas lingkupnya. Penyampaian dengan bahasa sehari-hari yang mudah dimengerti membuat pembaca betah membacanya. Sangat cocok untuk dibaca para remaja yang ingin kualitas hidupnya naik dari biasa-biasa saja menjadi luar biasa dengan meneladani keseharian nabi.  Desain buku ini juga dilengkapi ilustrasi-ilustrasi kecil serta paduan warna yang membuat mata nyaman membacanya. Buka hati, lalu resapi, maka kita akan semakin menyadari bahwa diri ini masih sangat jauh dari sosok Rasulullah SAW. Tanpa sadar, kita pun akan dibuat rindu oleh sosoknya :’) .

2 komentar:

  1. *masukin reading list ^^
    Bagian paling berkesan buat Fitri? analogi pendek yang paling ngena?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku paling suka yang bahas golden tiket ke surga nis :)

      Hapus

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS