Minggu, 24 April 2011

Kartini’s Day

Seperti dua tahun sebelumnya, tahun ini OSIS Man Insan Cendekia juga mengadakan acara kartini. Sebagai bentuk memperingati jasa Ibu Kartini dengan emansipasi wanitanya, panitia acara ini secara keseluruhan adalah wanita. Pada acara ini, diadakan tiga lomba antar kelas, yaitu lomba karikatur, saman putra, dan Pemilihan Kartini Insan Cendekia (PKIC).

Lomba karikatur bertemakan kartini masa kini. Lomba ini diikuti oleh seluruh kelas. Gambar yang maksimal dikumpulkan pada Rabu, 13 April 2011 ini akan dipajang semuanya pada malam puncak acara kartini, yaitu pada Jumat malam, 15 April 2011. Namun sayangnya hasil lomba karikatur ini belum bisa dinilai karena panitia belum bisa menyerahkan hasilnya kepada juri sebelum malam puncak.

Kemudian yang kedua adalah lomba saman putra. Lomba ini cukup heboh, baik para pemainnya maupun para penonton. Wajar saja, karena saman putra memang bukanlah hal biasa yang dilihat oleh civitas MAN Insan Cendekia pada umumnya. Dari hasil seleksi yang ditampilkan pada hari Rabu dan Kamis sebelum malam puncak, didapatkan 3 finalis, yaitu kelas X.3, XI NS 4, dan XI NS 2. Ketiga kelas ini akan mengikuti babak final di gedung serba guna pada malam puncak acara. Pada hari H, semua finalis telah melakukan berbagai persiapan, dari belajar nyanyian, gerakan tarian-baik yang baru maupun yang berupa improvisasi, bahkan kostum yang telah disiapkan. Ketika ketiganya tampil di GSG, lampu yang menerangi berubah menjadi lampu sorot warna-warni yang membuat suasana menjadi terpusat kea rah panggung. Berbagai sorakan menyemangati dan mengelu-elukan nama-nama pun terdengar. Suasana berlangsung heboh. Akhirnya diumumkanlah bahwa XI NS 4 mendapatkan juara pertama, XI NS 2 di posisi kedua, dan X.3 di posisi ketiga.

Lomba PKIC atau pemilihan kartini Insan Cendekia berlangsung dalam beberapa tahap. Tahap pertama ialah kontestan dari tiap kelas diwajibkan untuk mengisi form biodata dan menulis esai mengenai kelemahan dan kelebihan diri sendiri yang langsung dinilai oleh juri. Dari tahap pertama tersebut, aka diseleksi lima finalis. Namun karena ada dua kelas yang duduk pada peringkat yang sama, maka kali ini diambil 5 finalis, yaitu Andarini Sertianti dari XI NS 3, Rifka Mustafida dari XI SS, Nurul Islam Mawardah Kinta Putri dari XI NS 1, Karina Fadhila Ahmaddari X.2, Sheila Amalia Salma dari XI NS 4, dan Vina Yusriana dari XI NS 5. Keenamnya akan maju pada tahap berikutnya di GSG pada malam puncak.

Pada malam puncak, keenam calon kartini akan diberikan beberapa pertanyaan singkat yang telah dipersiapkan oleh panitia. Selain itu para calon kartini akan diberikann pertanyaan yang berupa opini terhadap suatu masalah. Pertanyaan ini bersifat mendadak dan waktu menjawab hanya diberikan selama 30 detik. Artinya, para kartini harus selalu siap mendapatkan pertanyaan apapun dan bisa menjawab cepat dengan jawaban yang tepat.

Dari seleksi tersebut, terpilihlah 3 finalis kartini yang berasal dari XI NS 3, XI NS 4, dan XI SS. Tahap terakhir adalah unjuk bakat yang harus dilakukan oleh masing-masing finalis. Finalis dari XI NS 4 maju lebih dulu. Ia menunjukkan bakatnya dengan memainkan seruling. Finalis dari XI NS 3 memainkan gitar sambil bernyanyi. Dan finalis dari XI SS membacakan puisi. Selanjutnya sementara panitia bagian acara mengakumulasi skor para finalis, acara diisi oleh band hiburan dari Harmony In Fantasy yang anggotanya juga perempuan semua. Setelah selesai, ketiga finalis diminta untuk naik ke panggung. Karena mahkota kartini akan diserahkan oleh kartini tahun lalu, Kak Sandra Nur Fitri, maka ia pun turut naik ke panggung.

Suasana berubah tegang ketika Kak Sandra berjalan perlahan mengitari para finalis. Suasana pun menjadi hening. Semua memperkirakan siapa yang kiranya akan terpilih menjadi Kartini Insan Cendekia. Sampai akhirnya Kak Sandra memakaikan mahkotanya kepada Andarini Sertianti dari XI NS 3. Selamat!

Hasil dari lomba karikatur dinilai oleh Guru Seni Lukis keesokan paginya. Selepas maghrib, pemenang pun diumumkan. XI NS 5 mendapatkan peringkat pertama dan X.2 mendapatkan peringkat ketiga.

(sebenernya ini bisa buat web osis, tapi aku udah nugasin arifah buat bikin. thx ya arifah! :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar