Kamis, 11 Oktober 2012

Buku, Perpus, dan Membaca

Dan buku....mungkin hari ini ia jawaban dan pengusir kesal yang baik .

Sebenarnya hari ini saya cuma mampir ke toko buku. Tapi entah kenapa ya...rasanya menyenangkan dan penuh harapan banget pergi ke toko itu.
Dan entah mengapa bagian yang nampaknya amat menyenangkan untuk saya lihat-lihat adalah bagian buku anak-anak. Bauklah, kita mulai dari awal.
Hari ini sepulang kuliah saya mampir ke suatu tempat, kemudian mampir juga ke toko buku, padahal say agak niat-niat amat ngerencanain mau ke toko buku ini. Toko bukunya cukup besar, dan...lagi ada diskon di halamannya. Ya..lumayan gede juga sih diskon bukunya,,,tapi akhirnya jadi pengen liat-liat juga.
Entah kenapa, saya paling excited ngeliat buku buat anak-anak. Serial-serial buku pengetahuan yang dibikin kayak komik jadi menyenangkan, cerita-cerita teladan sahabat dan para Nabi buat anak-anak *aduh, udah bukunya menarik, hard cover, warnanya  bagus dan enak diliat, seri tokoh dunia*yang per buku satu tokoh dibahas itu looh, serial st clairenya Enid Blyton *dari dulu SD suka liat di toko buku tapi belom pernah baca T.T, buku-buku Chicken Soup yang zaman sekarang mah udah banyak banget versi for-siapanya *ada yang buat Mom, buat wanita karir, buat remaja, buat pecinta kucing--ya Allah banyak banget deeh, pengen baca semua rasanyaaaa >.<. Aku juga tertarik pas liat buku tentang pengajaran di Jepang tuh intinya pake pujian, bukan hukuman *pengen baca banget gatau kepana, buku serial what*ada tentang profesi, dan macem-macem deeh. Ya Allah---rasanya pengen bisa punya kesempatan buat baca buku itu semua~~*bahkan saya jadi ngerasa pengen beli, buat suatu saat nanti kalo saya jadi guru, atau buat suatu saat nanti~~buat anak saya *setiap liat buku anak-anak jadi pengen punya anak :P *colek Nikari>> yang kata Tyani juga suka bilang gitu, *haha, nis~kita sehati :P

Saya jadi ingat,
dulu semasa SD, saya  sukaaa banget banget baca novel untuk anak-anak usia saya. suka banget baca tulisannya Asma Nadia sama Helvy Tiana Rosa, sama serial Novel anaknya Benny Rhamdani, Serial Fathia-nya Eka Wardhana, dan entah masih banyak lagi serial-serial itu kini masih berjejer manis di Cibinong sana. Suka banget juga baca karya-karyanya Enid Blyton *pasukan Mau Tahu--walaupun cuma punya 4 atau 5, Lima Sekawan *walaupun cuma punya 2, sama ada juga buka lainnya yang dapet minjem dari Pakde Nani sama Pakde Fikri. Suka banget baca serial STOP *akronimnya Sporty-Thomas-Oskar-Petra--dengan latar belakang Jerman. Juga Sapta Siaga. Pasukan Mau Tahu, Lima Sekawan, STOP, sama Sapta Siaga semua intinya sama. Model sekelompok orang yang menguak misteri apalah, menyelidiki, mengendap-endap, pokoknya semacam detektif gitu. Liburan kemarin waktu liat satu set Lima Sekawan di toko buku *dengan model cover baru tentunya. uwaaaaa rasanya mau banget. meskipun entah kenapa rasanya saya kepingin yang model lama aja. Ah sungguh saya pengen~ .
Dulu, kalo main ke rumah tante Ima atau ke rumah Ifa, juga suka banget baca-baca buku keren. Gak tau deh itu namanya serial apa. Pokoknya di tante Ima sama di rumah Ifa yang saya maksud sih sama. Satu set, bukunya tuh kalo gak salah disebutnya buku berjendela. Jadi ada kotak-kotak yang bisa di buka, terus ada gambar lain di sana. Misalnya ada gambar rumah, terus bagian pintunya itu bisa dibuka, tanpa menembus ke halaman belakangnya, jadi seakan-akan gambarnya berubah ke yang punya rumah itu bukain pintu. Aduuh dulu aku seneng banget buku itu.*sekarang juga kalo ada yang beliin mau ko :3. Dulu bukunya bisa tentang mengenal asal-usul warna, nari-nyari benda, semacam itulah. Bukunya keren banget, hard cover, full colour, *dan harganya so pasti juga kereen--" hehe :D. Tapi alhamdulillah , bisa baca juga meski minjem.

Rasanya pengeen banget, suatu ketika nanti, saya punya perpustakaan dengan isi buku-buku yang keren itu. Buku-buku sirah Nabi dan sahabat buat anak-anak, buku-buku ilmu pengetahuan buat anak-anak, buku-buku cerita, dongeng, novel, buat anak-anak, buku-buku adab buat anak-anak *yang biasanya diterbitin mizan itu looh, buku-buku biografi, buku-buku kisah inspirasi,buku-buku yang menyenangkan buat dibaca anak-anak deh pokoknya.Saya juga nggak ngerti kenapa saya begitu pengen punya ini semua, terutama yang buat anak-anak. Di bayangan saya, saya suatu saat mengajar, membawa buku tentang banyak hal, tentang dunia, dan anak-anak itu dapat mengenal dunia dari sana--sekalipun belum pernah mengunjunginya. Mengenal berbagai tokoh dunia, dan termotivasi dapat seperti mereka. Sungguh saya ingin. Juga membayangkan suatu ketila saya membacakannya untuk anak-anak, seperti bagaimana saya membacakan buku Andai Aku Sebuah Mobil Balap pada adik bungsu saya Fatih sambil menyuapinya makan*ah, sungguh saya rindu :")

Tapi sungguh, membaca itu benar-benar menyenangkan. Dan penting. Mengapa penting? Membaca bagaimanapun juga akan membuka imajinasi, pikiran kita secara otomatis akan membayangkan bagaimana setting dalam cerita, mengikuti nafas perjalanannya, merasakan debar-debar ketika mengendap-endap dalam persembunyiannya, bahkan bisa juga ikut teriak berseru kaget ketika tokoh utama kaget. Kadang imajinasi kita bisa seolah menjadikan suatu tempat yang kita tahu sebagai objek yng diceritakan dalam cerita yang kita baca. Di sisi lain, kita juga bisa menciptakan suatu latar baru bagi cerita yang sedang kita baca.

Dan usia anak-anak...sungguh usia yang tepat untuk semua itu. Ehm, mungkin saya belum cukup pantas ngomong banyak masalah ini. Tapi saya mengerti bahwa usia anak-anak (TK dan SD terutama) biasanya belum banyak aktivitas selain sekolah, ibadah, dan main. Jadi kebiasaan membaca sungguh amat baik untuk ditanamkan sejak dini. Saya sadar sekali waktu yang saya habiskan untuk membaca lebih banyak saat usia saya SD daripada ketika SMP dan SMA. *tapi tiap orang beda sih

Biarlah anak lebih suka membaca daripada menonton. Dengan membaca, imajinasi anak-anak akan lebih berkembang. Tapi saya ingat dulu pernah baca di notes FBnya seorang penulis, bahwa jangan harap anak-anak kita akan suka membaca, suka menulis, jika orang tuanya hanya mendorong tanpa mencontohkan. Dan memang benarlah kalimat itu. Jangan-jangan kita sibuk menyuruh mereka, tapi di sisi lain juga sukanya fesbukkan*dalam artian bukan melakukannya untuk hal berguna(saya tahu FBan pun aada manfaatnya juga :)).

Dan usia anak-anak juga usia emas :'). Usia yang baik untuk menanamkan berjuta kebiasaan baik. Selain lewat peneladanan, buku pun bisa jadi contoh yang bagus dan memotivasi. Oh iya, dongeng sebelum tidur juga bisa memberi banyak pengaruh baik lewat anak. Selain dengannya orang tua akan menggunakan waktunya khusus dengan anak, artinya menambah kedekatan. Dengan dongeng juga anak akan banyak belajar, ia juga bisa bersifat kritis. Bertanya ini-itu. Kok bisa? Mengapa begitu? Mengapa ia membalas dengan perbuatan baik? Mengapa ia baik sekali membagi kepunyaannya? (aduuuh, rasanya manis sekali membicarakan hal ini :') )


Baiklah, selamat membaca buat semuanya, selamat berimajinasi, selamat bersenang-senang di dalamnya. Saya selalu iri jika banyak orang yang bisa menyempatkan diri untuk membaca *terutama membaca banyak hal baik dan bijak dalam kehidupan. itu juga membaca kan?

5 komentar:

  1. Waaaahh... samaaaa... Lima Sekawan, Kasus STOP, Trio Detektif tuh jangan lupa.. buku2 keren emang! Kalau dari Indonesia, LUPUS pastinya ya.. hahaha..

    Udah coba nulis buku anak-anak kah? Kamu punya banyak input yang bagus, lho... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah kak rhein :)
      makasih kakak :")
      belum sih kaak. minta doanya biar bisa nyusul Kak Rhein yaa :):) *amiin

      Hapus
  2. membaca emang keren.. walau kadang, bingung mau baca apa... ?

    (sekalian dong fit, blogku ditampilin ke daftar temen.. makasih..,)

    BalasHapus