Rabu, 07 November 2012

Matematika Diskrit Hari Ini

Kita sering ngomong : gak kepikiran, jadi gak bisa jawab.
Padahal, kepikiran itu bakal datang sejalan sama seringnya kita latihan

Baiklah, aku awali postingan itu dengan dua kalimat di atas itu tadi. Dua kalimat yang terpikir tiba-tiba pas jalan abis dari kelas U2.01, abis mata kuliah matdis (Matematika Diskrit) terakhir bahas soal sama Pak Sri Mulyana, mau ke mushala buat shalat zuhur.

Hari ini hasil UTS Matdis dibagiin di kelas Ilkom A. Selamat buat yang tertinggi 85. Dan 90 kalo di kelas B. Hmm, berapapun hasilku, itu pasti setara sama apa yang aku mampu dengan kadar belajarku yang segitu. Oke, masih harus banyak banget latihan. Kayaknya emang adaptasi sama sistem kuliah yang nggak menuntut aku buat latihan-latihan-dan latihan kayak Bu Sofi yang sekali ngasih tugas langsung ngomong, "Kerjakan latihan 1,2,3,4,5!" atau Pak Darno yang ngasih responsi berlayout daramanis80.blogspot.com, atau kayak jamannya Bu Rita ngasih latihan soal peluang yang difotokopi dari Buku Schaum *padahal kita masih 2 SMA... 

Ya, belajarku, latihanku, jauh dari itu semua... Hasilnya, jadi jauh dari apa yang diharepin pada umumnya. Bapaknya juga bilang hasilnya rata-rata baru mencapai 50%. That's disappoint, right? Udah nggak berlaku lagi kalimat temenku dulu : "Kalo muridnya banyak yang remedial (istilah dulu jaman sekolah), berarti gurunya yang salah.Bukan muridnya." See the facts now : Ini kuliah. Semua menuntut kemandirian. Nggak ada lagi jaman ada guru yang care sama kita nanyain udah paham belom. Ya,,,boro-boro itu. Eksplor diri buat ngerjain latihan aja harus depend on yourself. Mahasiswa sekarang, beda sama dulu. Dan dengan bodohnya, aku kemarin masih sempet aja nyante-nyante-,-. Jangan tiru saya, ya :')!

Ini saya iseng moto pembahasan soal UTS Matdis nomer 4. Soal yang paling banyak salah pas kita -para mahasiswa- ngerjainnya. Silakan dilihat, dipahami, kalo mau. Inilah soal matematika diskrit. Ngurusin hurup, bukan angka *seengganya sampe sekarang. Logika, logika, logika. Di soal ini pemahaman saya sama soal udah salah. Poinnya 30 bro~~ *Jadi soalnya ada empat : Pembuktian logika (yang isinya p, q, p, q, konjungsi, disjungsi, negasi doang)--> nilai 25, Pembuktian dengan metode pembuktian--> poin 20, Induksi Matematika-->poin 25, sama nomer 4 ini :



Soal induksinya juga mantep-,-. Udah gak jaman lagi soal induksi kaya pas masih di IC dulu. Padahal dulu diajarin sama Pak Darno dua kali, pas kelas X sama kelas XII. Tapi ternyata sama aja, ya. That's not give me any inspirations--". Soalnya bukan pembuktian pake tanda sama dengan. Tapi pake tanda lebih dari sama kurang dari (ada 3a sama 3b). Dan aku baru tau kalo soal induksi boleh pindah ruas *dulu perasaan ga boleh. Yaa, gini deh nasip jarang latian. Sekali lagi, jangan kayak saya, ya-,-...
Tapi bapaknya menjelaskan dengan omongan, sampe tadi juga aku masih mikir gimana kalo kita kepikiran persis kayak bapaknya kita bisa nulisin semuanya dengan jelas dan tepat. Oke, kalo udah bisa mah ngalir aja kali ya nulisnya, bisa. Hehe :P

Oke semangat terus Fitrii buat matematika diskritnya ! Semoga ini nilai terendah dan nggak pernah terulang lagi selama kuliah! Aamiin. Semangat terus buat temen-temen semua yang mungkin masih UTS, masih ada ujian blok, dll. FYI, di kampus saya ini *oke maksudnya fakultas saya : gak ada remidi. Konsekuensi D atau E adalah ngulang di tahun berikutnya. Semoga NGGAK ADA MATA KULIAH SAYA YANG HARUS NGULANG. Aamiin. Hehe, semangat banget itu ampe di-capslock. Yaah, namanya juga tekad dan doa. Kalian juga harus gitu, ya. Tetep semangat :") ! Syukuri nikmat yang udah Allah kasih salah satunya dengan belajar sebaik mungkin. Itu bukti rasa syukur kita, lho, memanfaatkan kesempatan kuliah dengan maksimal. Chayo semuanyaa :D *jadi inget di rapor Fafa pas kelas 8 dulu wali kelasnya nulis gini. Tetap SEMANGKA *bukan semangat kakaa^^! Tapi SEMANGat Karena Allah :D

Bismillah ! :")
Still miss this, very much ~

Baca Quran sebelum belajar...
Kelas~
Pak Darno-dengan wajah khasnya :")

This uniform~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar