[Resensi#12] 33 Pesan Nabi#2 : Jaga Hati, Buka Pikiran (Komik Hadis Bukhari Muslim)

Sabtu, 19 Juli 2014

Judul Buku          : 33 Pesan Nabi : Jaga Hati, Buka Pikiran (Komik Hadis Bukhari Muslim)
Penulis                 : vbi_djenggoten
ISBN                      : 978-602-9346-36-7
Penerbit              : Zaytuna
Ketebalan           : 158 halaman
Ukuran                 : 22 cm

Sebagaimana buku pertama, komik hadis nabi ini kembali membawa pencerahan bagi umat muslim dengan cara yang mengasyikkan. Diubuka dengan prolog yang cukup menyidir secara halus soal Indonesia dengan negara muslim terbesar di dunia. Banyak orang bergelar haji, namun persoalan korupsi masih mendominasi. Masjid tumbuh di berbagai penjuru, tapi maksiat juga semakin kencang melaju. Kajian pagi hari penuhi televisi, namun siang sampai malam diisi oleh acara kemaksiatan nyaris tiada henti. Lantas, Iman, tokoh dalam komik tersebut bertanya pada ayahnya, “Kenapa bisa begitu? Kenapa harus bangga?”

Sampai kemudian anak ini menjawab sendiri, “Apakah karena jumlah yang banyak itu tidak lebih seperti buih? Buih yang mudah tertiup angina ke sana ke mari, terbawa arus tak tahu arah, rapuh dan mudah pecah… Apakah karena itu?” kemudian dilanjut lagi, “Apakah ayah juga termasuk buih itu?” sang ayah kaget, tapi mungkin sebagai pembaca, kita juga kaget. Apakah bahkan kita termasuk buih itu? Cerita kemudian ditutup oleh hadits yang isinya tentang manusia yang banyak jumlahnya tetapi justru seperti buih kotor yang terbawa air saat banjir, yang kemudian merasa wahn, cinta dunia dan takut mati.

Seperti komik edisi sebelumnya, ada 33 komik pengisi yang akan mengantarkan pembaca menjemput hikmah dari hadis nabi melalui kejadian yang dekat dengan keseharian pembaca pada umumnya. Bercerita tentang seorang anak yang menjadi pelawak tapi malah menertawakan orang tua dalam lawakannya, tentang seorang bos perusahaan yang mulanya terlalu mencintai kemewahan dunia akhirnya tersadar oleh tulisan hadits pada surat pengunduran diri stafnya yang sudah tidak tahan terhadap sikap bosnya itu, berbohon yang dibolehkan, cerita tentang orang yang mengeluarkan begitu banyak uangnya untuk kampanye menjadi caleg, orang yang suka mengutuk, dan bagaimana ayah data tersentuh karena keikhlasana naknya menyedekahkan tabungan yang ia miliki.

Beberapa kisah yang diceritakan sebagaimana keseharian di rumah. Beberapa kisah merupakan keseharian di ranah perusahaan beberapa tentang adab dan kebiasaan baik seorang muslim. Kisah yang menyentuh, mnyindir, dan menyadarkan. Ketiganya tergabung menjadi satu dan diperkuat dengan adanya hadits nabi. Buku ini tidak hanya cocok dibaca oleh segala usia, namun juga sehgala kalangan. Baik pelajar, penduduk, maupun orang-orang yang menempati jabatan strategis di pemerintahan maupun perusahaan, karena ada beberapa cerita yang peran utamanya dalah tokoh tersebut. Komik ini mengajari tanpa menggurui, dan tentunya memberi kesan mendalam terhadap emmaknai hikmah-hikmah dari hadits nabi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS