Jumat, 15 Maret 2019

Ali Imran 147

وَمَا كَانَ قَوْلَهُمْ اِلَّآ اَنْ قَالُوْا رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا ذُنُوْبَنَا وَاِسْرَافَنَا فِيْٓ اَمْرِنَا وَثَبِّتْ اَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Dan tidak lain ucapan mereka hanyalah doa, “Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebihan (dalam) urusan kami(149) dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir.”-QS Ali Imran 147

(149)Melampaui batas-batas hukum yang telah ditetapkan Allah swt.

itu yang (149) kayak keterangan tambahan di footnote Alquran syamil.
-
Jumat ini cukup lelah bahkan sejak berangkat. Samai Badr aku bwa bekal sarapan tapi bahkan untuk makannya pun capek. Lalu aku mengantuk sekali. Alhasil, saat orang-orang sudah berangkat Jumatan, aku ingin sekali tidur sejenak. Tapi tak lama, ada teman yang masuk, maka kami bersiap shalat. dengan posisi aku takut kalau waktu shalat aku masih ngantuk. atau nanti waktu udahan shalat pas doa ketiduran.

Sebelum shalat dan sembari menunggu yang masih shalat sunnah, aku mengaiji lalu membaca ayat itu. Karena kelihatan doa, aku jadi lari ke artinya, baca artinya. Terus kayak tercenung. Ingat hal-hal yang kayaknya mah udah bukan boleh jadi lagi, tapi sudah pasti, berlebihan....

Habis shalat, aku tiba-tiba diem, aku awalnya ngira aku masih ngantuk. Tapi nggak kusangka. Mataku terus berkaca-kaca. Aku jadi ingat segala hal yang terasa rumit di kepala. Ingat gimana beratnya melewati segala hal ini dengan tetap normal dan biasa. Sulit....

Setelah sunnah dan menunggu al kahfi, aku membaca arti sehalaman itu. Lalu ternyata arti ayat-ayat sekelilingnya....
145
Dan setiap yang bernyawa tidak akan mati kecuali dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barangsiapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala (dunia) itu, dan barangsiapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala (akhirat) itu, dan Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.

146
Dan betapa banyak nabi yang berperang didampingi sejumlah besar dari pengikut(nya) yang bertakwa. Mereka tidak (menjadi) lemah karena bencana yang menimpanya di jalan Allah, tidak patah semangat dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Dan Allah mencintai orang-orang yang sabar.

148
Maka Allah memberi mereka pahala di dunia dan pahala yang baik di akhirat. Dan Allah mencintai orang-orang yang berbuat kebaikan.
-
itu rasanya kayak,
fit, kamu dikasih Allah ujian. tapi akan ada balasannya. akan ada janji baiknya kalau kamu bisa melewati ini dengan baik. syukurin aja ujian ini. masih banyak orang dengan ujian yang lebih berat. jalani dengan baik.
kalau Allah kasih kamu ujian, bukan berarti kamu jadi pasrah, nyerah, terus jadi gak produktif, jadi susah fokus, jadi gak kelar-kelar kerjaan (Ini aku akhirnya switching konteks dari ngerjain kerjaan malam ini karena rasanya gelisah banget heu, lalu aku pengen menuliskan biar terurai rasanya, biar mikirnya satu-satu, semoga benar begitu, ya. rasanya kepalanya penuh pisan :(( ) Kalau kamu sabar, Allah sayang.
Dan pasti ada balasan kebaikan, atas segala jenis usaha kebaikan yang diusahakan. Kamu selalu percaya itu, kan Fit?
-
Malamnya ternyata aku masih  unstable dan belum bsia mengerjakan hal-hal yang direncanakan. Aku nguyel-uyel ummi lagi. Aku kalo ngerasa gini tuh ngerasa childish banget, kekanakan banget. Beberapa hari sebelumnya aku akhirnya cerita ke ummi. Lalu hari ini aku cerita lagi. Honestly, lelah rasanya. Tapi semoga bisa kuubah jadi pahala. Doain ya. Mungkin kalian juga, sedang berjuang keras untuk apapun itu. Semoga Allah juga kuatkan kalian, ya :)
--
dear langit, 
aku mau bilang aku capek. banget
maaf ya aku mengeluh
tapi aku pengen minta satu hal
temenin aku ya Allah, dan aku titip ujian ini. bantu aku melewatinya
Allah suka hambaNya yang meminta, kan?

diselesaikan Selasa, 19 Maret 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar